Belajar Seo - Pengertian Dan Istilah-Istilah Yang Ada Dalam Seo
Dalam dunia Internet Marketing (bisnis online), SEO (Search Engine Optimization) yaitu salah satu cara yang sangat penting untuk meningkatkan penjualan produk secara online, baik produk jasa maupun barang.
Apalagi untuk para blogger, yang kiprah atau kerjanya "hanya" menunjukkan informasi-informasi sesuai dengan niche atau tema blog yang mereka pilih.
Karena tujuan dasar SEO yaitu terkait dengan posisi atau peringkat situs web dan blog di search engine.
Yakni untuk menciptakan dan/ atau meningkatkan posisi, peringkat atau ranking blog dan situs web atau postingan di halaman pertama hasil pencarian search engine.
Singkat kata, SEO bertujuan untuk menciptakan situs web atau blog berada di halaman pertama atau berada di peringkat paling atas hasil pencarian Search Engine.
Dari tujuan dasar SEO tersebut diatas, sanggup kita ketahui bahwa maksud atau tujuan utamanya yaitu demi untuk mendapat pengunjung (trafik).
Artinya, semakin baik posisi situs web/ blog di peringkat hasil penelusuran search engine maka akan semakin besar kemungkinan situs web/ blog dilihat pengunjung yang pada kesannya akan meningkatkan trafik web/blog.
Setelah memahami maksud dan tujuan dasar dari SEO, maka terperinci SEO mempunyai banyak manfaat dalam perkembangan situs web/ blog kita.
Sehingga mau tidak mau sebagai blogger, apalagi blogger pemula kita harus belajar, memahami, dan menerapkan setiap praktik terbaik demi untuk membuatkan situs web/ blog serta meningkatkan pengunjung (trafik) kita.
Dalam dunia SEO Anda tidak harus menjadi seorang pakar SEO professional, ibarat halnya saya yang hanya seorang blogger pemula dan masih harus banyak berguru dalam dunia blogging dan Internet Marketing.
Namun bukan berarti kita harus minder dan aib dalam mempraktekkannya, alasannya SEO bukanlah sebuah keahlian glamor yang hanya boleh dipelajari oleh pegiat dunia Internet Marketing saja.
Artikel ini saya buat, bukan mengindikasikan bahwa saya yaitu seorang yang hebat dibidang SEO, saya menciptakan artikel ini semata-mata sebagai materi pembelajaran untuk saya sendiri.
Dan juga sebagai catatan study kasus yang saya lakukan dalam menerapkan praktik-praktik dasar SEO yang sedang saya pelajari.
Karena pada prinsipnya, berguru sambil praktik yaitu cara terbaik didalam memahami suatu bidang ilmu.
Kaprikornus sebelum anda berpikir bahwa saya terlalu berani atau tidak sadar diri dengan menciptakan sebuah artikel postingan ihwal SEO saya pastikan bahwa semua ini yaitu cara saya dalam mempraktekkan dan mempelajari serta menerapkan study kasus dalam pembelajaran teknik dasar SEO yang saya pahami.
Sebagai dasar dari pembelajaran teknik dasar SEO ini, saya menciptakan catatan khusus mengenai pengertian dan istilah-istilah yang ada didalam ilmu SEO (Search Engine Optimization).
Mulanya, selama saya berguru ngeblog dan Internet Marketing apalagi ketika saya mulai menemukan kata Search Engine Optimation (SEO).
Saya mengelami banyak sekali hambatan-hambatan, alasannya ketika itu, saya tidak memahami dengan baik arti dan makna dari beberapa istilah dalam SEO itu sendiri.
Daftar istilah SEO yang saya buat ini sanggup menjadi panduan dasar bagi saya dan Anda juga yang sama-sama berguru ibarat saya (blogger pemula).
Sekaligus "me-refresh" wawasan ihwal SEO bagi yang sudah dekat dengan istilah-istilah penting di dunia blogging, Internet Marketing dan desain konten website.
Anda sanggup menuju pribadi kedalam istilah SEO yang Anda cari dengan jalan menekan tombol CTRL + F pada keyboard, kemudian mengetikkan kata istilah SEO yang Anda cari.
Berikut ini yaitu daftar istilah-istilah dalam SEO.
Riset keyword yaitu proses dimana kita mencari kata kunci yang sempurna untuk setiap konten yang kita hasilkan dan menjadikannya sasaran untuk dioptimasi.
Yaitu dengan menentukan keyword yang mempunyai hasil pencarian tinggi dengan tingkat persiangan serendah mungkin.
Riset keyword ini sanggup dikatakan sebagai bab terawal dari SEO dan sanggup sangat mensugesti hasil rank halaman situs web/ blog kita nantinya.
Sebagai contoh, jikalau anda gres mempunyai sebuah blog, dan Anda menentukan keyword yang tingkat persaingannya medium keatas, maka ini sanggup dikatakan sebagai sebuah kesalahan yang sangat besar.
Karena peluang blog Anda yang masih gres tersebut untuk berhasil masuk dalam halaman hasil pencarian Search Engine hampir tidak ada alasannya persaingan kata kunci tersebut terlalu kuat.
Long tail Keyword yaitu kata kunci panjang yang berfungsi biar dalam merangking sebuah halaman blog di hasil search engine menjadi lebih gampang alasannya biasanya long tail keyword ini tingkat persaingan lebih rendah.
SEO Onpage yaitu cara kita mengoptimalkan situs web/ blog untuk search engine didalam halaman atau situs web/ blog itu sendiri.
Adapun didalam SEO Onpage terdapat istilah-istilah SEO Onpage lainnya, yakni:
1. Title Tag
Adalah arahan yang mengatur tampilan judul halaman di bab tab browser, biasanya arahan ini diletakkan dibawah arahan <head>.
2. Meta Description
Meta description yaitu meta yang menampilkan teks kalimat deskripsi pada halaman hasil pencarian google.
3. Relevansi
Relevansi yaitu tingkat relevan atau kesamaan sebuah situs yang ditentukan oleh google sebagai penentu peringkat Search Engine.
4. Permalink
Permalink yaitu url yang ada sesudah url homepage, contohnya https://varianberita.blogspot.com/search?q=, yang berwarna merah yaitu permalink.
5. Tag Heading
Tag Heading yaitu tunjangan tag pada teks/ kalimat untuk memberitahukan kepada pengguna/ user ataupun robot Google bahwa teks/ kalimat ini yang terpenting, lebih penting, kurang penting, dan sebagainya.
6. Bold, Italic, Underline
Adalah teknik penulisan konten atau artikel dengan memakai format Text Bold, Italic dan Underline.
Gunanya yaitu untuk mempercepat artikel terindex Search Engine. Format text ini sanggup membantu meningkatkan kualitas SEO Onpage situs web/ blog alasannya membantu user lebih nyaman dan tertarik ketika membaca artikel yang dibuat.
Bold adalah menciptakan teks menjadi tercetak tebal, Italic - menciptakan teks dicetak miring, dan Underline menggaris bawahi teks/ kalimat, yang biasanya dilakukan pada kata kunci yang menjadi sasaran optimasi.
7. Alt Text
Alt Text yaitu teks alternatif yang mempunyai fungsi untuk memberitahu search engine pada suatu image/ gambar. Alt text mempunyai peranan penting untuk memunculkan blog atau website di google image.
8. Anchor Text
Anchor text merupakan sebuah teks atau goresan pena yang terdapat pada sebuah halaman blog atau website, dimana pada teks tersebut didalamnya terdapat sebuah link yang sanggup di klik dan mengarah ke sebuah halaman.
9. Internal Link
Internal link yaitu istilah yang menyatakan bahwa dimana sebuah teks/ kalimat ditautkan atau diberikan link yang menuju halaman/ konten lain di situs web/ blog yang sama.
10. Redirect 301
Ini merupakan teknik yang cukup sering digunakan oleh para penggiat SEO.
Adapun maksud dari pemakaian teknik ini yaitu untuk menjaga URL yang telah atau sedang di meningkatkan secara optimal tidak terkena penalti dari google.
Secara umum, redirect 301 yaitu mengalihkan secara permanen URL usang ke URL gres atau URL A ke URL B, dimana sekitar 90-99% link juice dari URL tersebut (asal) akan diarahkan ke URL yang baru.
11. Pagespeed Insights
PageSpeed Insights yaitu alat untuk mengukur kinerja laman (kecepatan laman) untuk perangkat seluler dan perangkat desktop. Alat ini mengambil URL dua kali, yang satu untuk pengguna seluler, dan yang satunya lagi untuk pengguna desktop.
Untuk blogger biasanya dibedakan dengan contoh: https://varianberita.blogspot.com?m=1 (untuk seluler) dan https://varianberita.blogspot.com (untuk desktop).
12. Accelerated Mobile Pages (AMP)
Adalah salah satu proyek Google yang dikembangkan untuk tujuan mempercepat kinerja suatu website/ blog biar sanggup menampilkan setiap halaman dengan cepat.
AMP bukan saja dirancang untuk tampilan laman blog/ situs web dan loading cepat saja, namun mempunyai dampak yang sangat baik untuk SEO, alasannya baru-baru ini Google telah mengupdate algoritma nya yang memasukkan faktor kecepatan situs web di versi seluler menjadi salah satu faktor peringkat situs web/ blog.
SEO Offpage yaitu sebuah cara optimisasi SEO yang dilakukan di luar laman situs web/ blog.
Dalam membangun SEO Off Page dikenal dengan dua bentuk SEO, yakni pertama WhiteHat SEO yang artinya meningkatkan secara optimal diluar laman situs web/ blog dilakukan secara alami (Natural) dan sesuai dengan peraturan dan kebijakan yang dikeluarkan Google.
Kedua BlackHat SEO, artinya menjalankan tindakan meningkatkan secara optimal SEO Off Page dengan cara melanggar peraturan dan kebijakan yang dikeluarkan Google Search Engine, serta membahayakan situs web/ blog.
1. Social Media
Merupakan media untuk membagi majemuk hal, ibarat status, foto, artikel atau link artikel.
Untuk memperkenalkan blog atau artikel terbaru, blogger biasanya memakai social media untuk membagikan artikel terbarunya ke aneka macam platform social media, seperti: Google+, Facebook, Twitter, Pinterest, Linkedin, StumbleUpon, dan sebagainya.
Blogger yang selalu membagi artikelnya ke aneka macam social media mempunyai kesempatan lebih besar untuk sanggup memenangkan kata kunci dan pastinya lebih cepat terindex oleh Search Engine.
2. PBN - Private Blog Network
PBN atau Private Blog Network yaitu sekumpulan situs web/ blog milik sendiri atau milik orang lain yang tujuannya yaitu untuk memberi backlink ke blog utama (kita) dalam perjuangan meningkatkan ranking blog tersebut pada hasil penelusuran Search Engine.
3. Dofollow
Adalah jenis link yang poinnya akan diteruskan oleh google ke halaman yang dirujuknya.
4. Nofollow
Adalah kebalikan dari Dofollow, yaitu google tidak akan meneruskan poin halamannya ke halaman yang dirujuk.
5. Link Building
Adalah proses untuk membangun backlink yang akan diarahkan ke blog utama kita.
6. Backlink
Adalah istilah dimana tautan atau link dari blog lain yang mengarah ke blog kita.
7. Footprint
Footprint yaitu catatan kaki yang dimasukkan ke query pencarian google untuk mencari blog-blog yang dijadikan daerah menanam backlink.
8. Outbound Link
Outbound Link yaitu link keluar yang ada di sebuah halaman ke halaman yang lain. Dalam mencari backlink, sebaiknya anda menanam backlink di daerah yang minim Outbound link.
9. Reciprocal link
Reciprocal link yaitu Pertukaran Link yang dilakukan oleh dua buah situs web/ blog dimana fungsinya biar sanggup mendapat trafik yang menguntungkan diantara kedua belah pihak.
10. Social Bookmark
Social bookmark yaitu sebuah website yang biasa digunakan untuk mengelola, menyimpan, serta membagikan URL yang dianggap penting. Social Bookmark yaitu situs yang memperbolehkan kita mempublish dan mem-bookmark artikel/ konten blog kita.
11. Blog Comment
Blog comment yaitu teknik mencari backlink dengan berkomentar pada situs atau blog orang lain.
1. SERP
Serp merupakan sebuah akronim dari "Search Engine Results Page" atau jikalau di Indonesia kan artinya yakni "halaman hasil penelusuran search engine".
2. Crawling
Crawling yaitu sebuah proses ketika Googlebot (Robot Google Search Engine) merayapi sebuah situs dan menemukan konten gres di website atau blog, kemudian kemudian konten tersebut akan ditambahkan biar sanggup terindeks oleh Google.
Semakin sering situs tersebut di crawl oleh google, maka semakin elok blog itu di mata google.
3. Domain Authority (DA)
Sebuah metrik atau nilai yang digunakan oleh MOZ untuk memprediksi seberapa berpengaruh otoritas sebuah nama domain. Secara umum, Domain Authority (DA) mempunyai perhitungan sendiri ibarat jumlah link eksternal yang menuju domain, usia domain, jumlah konten yang terindeks google, dan lain-lain.
4. Page Authority (PA)
Page authority (PA) yaitu sebuah hasil perhitungan metrik yang dikeluarkan oleh Moz untuk menilai seberapa baik sebuah halaman situs web/ blog.
Perhitungan tersebut sangat erat kaitannya dengan peringkat website di halaman hasil penelusuran search engine.
Adapun yang menjadi indikator dari perhitungan metrik tersebut yakni perhitungan link yang masuk, nilai MozRank, MozTrust, dan masih banyak faktor-faktor lainnya.
5. Google analytics (GA)
Google analytics yaitu Layanan google untuk mengukur dan menganalisa sikap pengunjung/ user pada sebuah situs web/ blog.
6. Bounce Rate - Rasio Pentalan
Bounce rate atau istilah Indonesianya yaitu "Rasio Pentalan" istilah yakni nilai yang digunakan untuk mengukur seberapa usang seorang user mengunjungi dan berinteraksi dalam sebuah halaman situs web/ blog kita.
Bounce rate di ukur dalam persen. Semakin rendah nilainya, semakin elok sebuah situs web/ blog.
Sebagai pola bounce rate blog awambicara ini yaitu 61.40% artinya, jikalau ada 100 pengunjung, maka ada sekitar 61 orang/ user yang pribadi meninggakan website/ blog tanpa membuka artikel lain. Website dianggap berkualitas jikalau bounche ratenya dibawah 50%.
7. Broken Link
Broken link yaitu Link yang berada dalam sebuah blog atau website yang sudah tidak valid atau mengalami kerusakan (error 404).
8. Link Juice
Kata ini dipopulerkan oleh seorang SEO Expert yaitu Greg Boser. Menurut Greg, link juice yaitu sebuah link yang terdapat di dalam sebuah website/ blog, dimana link tersebut mempunyai kiprah dalam meningkatkan website yang sedang dioptimasi.
Adapun tolak ukur link juice itu sendiri sanggup dilihat dari seberapa terkenal website daerah link blog/ web kita ditanam.
9. Honeymoon
Honeymoon yaitu istilah untuk menggambarkan sebuah situs web atau blog yang sanggup pribadi berada di halaman satu google hanya dalam beberapa ketika saja, dan jikalau tidak dioptimisasi secara benar, posisi nya sanggup saja akan berubah.
10. Whitehat SEO
Whitehat SEO ini kebalikan dari Blackhat SEO, yakni sebuah teknik meningkatkan secara optimal hasil pencarian search engine yang sesuai dengan pedoman kebijakan dari penyedia search engine ibarat Google, Bing, Duckduckgo, yahoo, dan sebagainya.
Jika teknik Whitehat SEO yang diterapkan dalam meningkatkan secara optimal blog, maka segala bentuk update algoritma terbaru tidak akan menunjukkan dampak jelek apa-apa terhadap blog, bahkan sanggup meningkatkan hasil atau rangking search engine.
11. Blackhat SEO
Blackhat SEO yaitu sebuah teknik meningkatkan secara optimal hasil pencarian search engine yang bertentangan pedoman di google.
Teknik ini biasanya sanggup meranking sebuah website atau blog dengan cepat, tapi ketika google melaksanakan update algoritma maka website atau blog tersebut niscaya akan terkena dampak dan bahkan sanggup hingga pada tahap paling ditakuti setiap blogger "penalti" dari Google.
1. Hidden Text
Adalah teknik menyembunyikan link yang sebenarnya, biasanya warnanya akan disamakan dengan warna background.
2. Cloacking
Adalah teknik yang menciptakan search engine menampilkan hasil yang tidak sama atau berbeda dengan hasil yang dilihat oleh pembaca atau pengunjung. Teknik ini yaitu yang paling berat hukumannya jikalau diketahui oleh google, yaitu deindex.
3. Penumpukan kata kunci/ keyword
Adalah menaruh banyak kata kunci dalam satu halaman psotingan biar kata kuncinya sanggup dicerna oleh google search engine.
4. Link spam
Adalah menanam backlink di sembarangan tempat, contohnya sering berkomentar spam diblog-blog lain, menciptakan thread diforum dan menanamkan backlink yang tidak relevan.
Link spam ini termasuk blackhat SEO, alasannya google menganggap link spam, baik komentar-komentar spam, atau berada diforum-forum hanya untuk menyepam, akan mengurangi kenyamanan pengunjung pada sebuah halaman situs web/ blog.
1. Google Dance
Google dance yaitu sebuah algoritma yang diciptakan google untuk menyusun ulang website atau blog yang berada di SERP. Kaprikornus jangan heran jikalau website anda jumlah visitornya tiba-tiba turun dan jangan pribadi men-judge website anda terkena penalti.
2. Google Pagerank
Google pagerank merupakan sebuah nilai metrik yang diberikan ke sebuah situs web/ blog, dimana nilai tersebut mempunyai arti ihwal seberapa penting website anda dari sudut pandang Google. Saat ini Google tidak lagi menunjukkan metrik atau nilai Pagerank terhadap sebuah situs/ blog.
3. Google Panda
Sebuah nama algoritma google yang dibentuk biar sanggup menampilkan blog atau website yang berkualitas, mempunyai konten yang original dan bukan hasil "copas" atau copy-paste. Pada pada dasarnya algoritma yang satu ini lebih menekankan kepada kualitas konten yang anda buat di website atau blog.
4. Google Penguin
Sebuah algoritma yang dirancang oleh Google untuk menunjukkan penalti kepada web atau blog yang terbukti melaksanakan pelanggaran aturan kebijakan Google untuk memanipulasi SERP.
Contohnya yaitu dengan melaksanakan link building secara berlebihan, keyword stuffing, cloacking, dan masih banyak lagi.
5. Google Hummingbird
Algoritma Google Hummingbird digunakan untuk membantu Google menafsirkan hasil penulusuran mereka dengan lebih baik lagi, yakni menunjukkan hasil yang paling sesuai dan relevan dengan maksud dan harapan user.
6. Google Pigeon
Algoritma Google Pigeon diluncurkan pada tahun 2014, yang menyasar pada meningkatkan secara optimal search engine (SEO) on-page dan off-page.
Algoritma Pigeon memengaruhi hasil penelusuran di mana lokasi user mempunyai peranan penting. Praktek terbaik untuk memulai teknik SEO off-page yaitu dengan jalan menciptakan konten yang berkualitas dan bermanfaat.
Sehingga, akan banyak direkomendasikan oleh situs-situs web lainnya. Maka akan terciptalah backlink yang natural. Dimana backlink alami yaitu merupakan salah satu meningkatkan secara optimal SEO off-page.
7. Mobilegeddon
Update Algoritma Seluler Google atau yang disebut dengan Algoritma Mobilegeddon untuk memastikan peringkat teratas yang sesuai untuk hasil penelusuran versi seluler.
Sedangkan untuk situs web/ blog yang tidak menunjukkan pengalaman pengguna yang baik dalam versi mobile/ seluler akan disaring dari hasil SERP atau mengalami penurunan peringkat hasil penelusuran secara signifikan.
8. Google RankBrain
Yang merupakan sistem pembelajaran mesin yang membantu Google memahami makna di balik kueri, dan menyajikan hasil pencarian yang paling sesuai untuk menjawab pertanyaan tersebut.
9. Google Possum
Pembaruan atau update ini memastikan bahwa hasil lokal yang bervariasi lebih banyak tergantung pada lokasi user.
Semakin dekat user dengan alamat bisnis/ situs web/ blog, semakin besar pula kemungkinan user untuk melihatnya dihalaman pertama hasil penelusuran google.
10. Google Fred
Algoritma ini menyasar situs blog/ web yang miskin konten, lebih mengarah kepada affaliates serta yang hanya fokus pada pengiklanan saja.
Fred menargetkan situs web/ blog yang melanggar pedoman webmaster Google.
11. Speed Update for Mobile Search
Terhitung mulai tanggal 9 Juli 2018, Update Algoritma Kecepatan Halaman untuk Mobile Search - "Google Speed Update for Mobile Search" sekarang menjadi salah satu faktor dari 200 lebih faktor yang digunakan google dalam memberi peringkat terhadap suatu situs/ blog.
Selengkapnya mengenai update algorimta Google terbaru silahkan lihat di 9+1 Update Mayor Algoritma Google Search Engine 2011-2018.
12. Google Sandbox
Sandbox yaitu waktu yang diharapkan sebuah situs untuk mencari dan mendapat kembali kepercayaan Google search engine alasannya sudah kehilangan kepercayaan dan menghilang dari halaman index google search engine.
Google Sandbox yaitu sebuah penalti atau eksekusi yang diberikan oleh google terhadap sebuah situs web/ blog atau hanya pada satu halaman situs web/ blog, dengan cara menurunkan posisi ranking halaman tersebut di SERP.
Hal ini terperinci akan sangat merugikan alasannya situs web/ blog yang terkena Google Sandbox tidak akan mendapat trafik dengan kata kunci yang pernah di optimasikan.
Banyak blogger beropini bahwa Google Sandbox ini hanyalah sebuah mitor, namun walaupun demikian ada baiknya kita tetap pada jalur yang benar, yakni mempraktekkan Whitehat SEO, bukannya Blackhat SEO.
Jika ada pemanis istilah-istilah SEO yang lain, silahkan bagikan di kolom komentar dibawah. Terimakasih
Sumber https://www.awambicara.id/
Belajar SEO (Search Engine Optimization)

Baca Juga
Yakni untuk menciptakan dan/ atau meningkatkan posisi, peringkat atau ranking blog dan situs web atau postingan di halaman pertama hasil pencarian search engine.
Singkat kata, SEO bertujuan untuk menciptakan situs web atau blog berada di halaman pertama atau berada di peringkat paling atas hasil pencarian Search Engine.
Pengertian SEO (Search Engine Optimization)
Dari tujuan dasar SEO tersebut diatas, sanggup kita ketahui bahwa maksud atau tujuan utamanya yaitu demi untuk mendapat pengunjung (trafik).
Artinya, semakin baik posisi situs web/ blog di peringkat hasil penelusuran search engine maka akan semakin besar kemungkinan situs web/ blog dilihat pengunjung yang pada kesannya akan meningkatkan trafik web/blog.

Setelah memahami maksud dan tujuan dasar dari SEO, maka terperinci SEO mempunyai banyak manfaat dalam perkembangan situs web/ blog kita.
Sehingga mau tidak mau sebagai blogger, apalagi blogger pemula kita harus belajar, memahami, dan menerapkan setiap praktik terbaik demi untuk membuatkan situs web/ blog serta meningkatkan pengunjung (trafik) kita.
Dalam dunia SEO Anda tidak harus menjadi seorang pakar SEO professional, ibarat halnya saya yang hanya seorang blogger pemula dan masih harus banyak berguru dalam dunia blogging dan Internet Marketing.
Namun bukan berarti kita harus minder dan aib dalam mempraktekkannya, alasannya SEO bukanlah sebuah keahlian glamor yang hanya boleh dipelajari oleh pegiat dunia Internet Marketing saja.
Artikel ini saya buat, bukan mengindikasikan bahwa saya yaitu seorang yang hebat dibidang SEO, saya menciptakan artikel ini semata-mata sebagai materi pembelajaran untuk saya sendiri.
Dan juga sebagai catatan study kasus yang saya lakukan dalam menerapkan praktik-praktik dasar SEO yang sedang saya pelajari.
Karena pada prinsipnya, berguru sambil praktik yaitu cara terbaik didalam memahami suatu bidang ilmu.
Kaprikornus sebelum anda berpikir bahwa saya terlalu berani atau tidak sadar diri dengan menciptakan sebuah artikel postingan ihwal SEO saya pastikan bahwa semua ini yaitu cara saya dalam mempraktekkan dan mempelajari serta menerapkan study kasus dalam pembelajaran teknik dasar SEO yang saya pahami.
Sebagai dasar dari pembelajaran teknik dasar SEO ini, saya menciptakan catatan khusus mengenai pengertian dan istilah-istilah yang ada didalam ilmu SEO (Search Engine Optimization).
Istilah-istilah SEO (Search Engine Optimization)
Mulanya, selama saya berguru ngeblog dan Internet Marketing apalagi ketika saya mulai menemukan kata Search Engine Optimation (SEO).
Saya mengelami banyak sekali hambatan-hambatan, alasannya ketika itu, saya tidak memahami dengan baik arti dan makna dari beberapa istilah dalam SEO itu sendiri.

Daftar istilah SEO yang saya buat ini sanggup menjadi panduan dasar bagi saya dan Anda juga yang sama-sama berguru ibarat saya (blogger pemula).
Sekaligus "me-refresh" wawasan ihwal SEO bagi yang sudah dekat dengan istilah-istilah penting di dunia blogging, Internet Marketing dan desain konten website.
Anda sanggup menuju pribadi kedalam istilah SEO yang Anda cari dengan jalan menekan tombol CTRL + F pada keyboard, kemudian mengetikkan kata istilah SEO yang Anda cari.
Berikut ini yaitu daftar istilah-istilah dalam SEO.
Keyword Research atau Riset Keyword
Riset keyword yaitu proses dimana kita mencari kata kunci yang sempurna untuk setiap konten yang kita hasilkan dan menjadikannya sasaran untuk dioptimasi.
Yaitu dengan menentukan keyword yang mempunyai hasil pencarian tinggi dengan tingkat persiangan serendah mungkin.
Riset keyword ini sanggup dikatakan sebagai bab terawal dari SEO dan sanggup sangat mensugesti hasil rank halaman situs web/ blog kita nantinya.
Sebagai contoh, jikalau anda gres mempunyai sebuah blog, dan Anda menentukan keyword yang tingkat persaingannya medium keatas, maka ini sanggup dikatakan sebagai sebuah kesalahan yang sangat besar.
Karena peluang blog Anda yang masih gres tersebut untuk berhasil masuk dalam halaman hasil pencarian Search Engine hampir tidak ada alasannya persaingan kata kunci tersebut terlalu kuat.
Long Tail Keyword
Long tail Keyword yaitu kata kunci panjang yang berfungsi biar dalam merangking sebuah halaman blog di hasil search engine menjadi lebih gampang alasannya biasanya long tail keyword ini tingkat persaingan lebih rendah.
SEO Onpage
SEO Onpage yaitu cara kita mengoptimalkan situs web/ blog untuk search engine didalam halaman atau situs web/ blog itu sendiri.
Adapun didalam SEO Onpage terdapat istilah-istilah SEO Onpage lainnya, yakni:
1. Title Tag
Adalah arahan yang mengatur tampilan judul halaman di bab tab browser, biasanya arahan ini diletakkan dibawah arahan <head>.
2. Meta Description
Meta description yaitu meta yang menampilkan teks kalimat deskripsi pada halaman hasil pencarian google.
3. Relevansi
Relevansi yaitu tingkat relevan atau kesamaan sebuah situs yang ditentukan oleh google sebagai penentu peringkat Search Engine.
4. Permalink
Permalink yaitu url yang ada sesudah url homepage, contohnya https://varianberita.blogspot.com/search?q=, yang berwarna merah yaitu permalink.
5. Tag Heading
Tag Heading yaitu tunjangan tag pada teks/ kalimat untuk memberitahukan kepada pengguna/ user ataupun robot Google bahwa teks/ kalimat ini yang terpenting, lebih penting, kurang penting, dan sebagainya.
6. Bold, Italic, Underline
Adalah teknik penulisan konten atau artikel dengan memakai format Text Bold, Italic dan Underline.
Gunanya yaitu untuk mempercepat artikel terindex Search Engine. Format text ini sanggup membantu meningkatkan kualitas SEO Onpage situs web/ blog alasannya membantu user lebih nyaman dan tertarik ketika membaca artikel yang dibuat.
Bold adalah menciptakan teks menjadi tercetak tebal, Italic - menciptakan teks dicetak miring, dan Underline menggaris bawahi teks/ kalimat, yang biasanya dilakukan pada kata kunci yang menjadi sasaran optimasi.
7. Alt Text
Alt Text yaitu teks alternatif yang mempunyai fungsi untuk memberitahu search engine pada suatu image/ gambar. Alt text mempunyai peranan penting untuk memunculkan blog atau website di google image.
8. Anchor Text
Anchor text merupakan sebuah teks atau goresan pena yang terdapat pada sebuah halaman blog atau website, dimana pada teks tersebut didalamnya terdapat sebuah link yang sanggup di klik dan mengarah ke sebuah halaman.
9. Internal Link
Internal link yaitu istilah yang menyatakan bahwa dimana sebuah teks/ kalimat ditautkan atau diberikan link yang menuju halaman/ konten lain di situs web/ blog yang sama.
10. Redirect 301
Ini merupakan teknik yang cukup sering digunakan oleh para penggiat SEO.
Adapun maksud dari pemakaian teknik ini yaitu untuk menjaga URL yang telah atau sedang di meningkatkan secara optimal tidak terkena penalti dari google.
Secara umum, redirect 301 yaitu mengalihkan secara permanen URL usang ke URL gres atau URL A ke URL B, dimana sekitar 90-99% link juice dari URL tersebut (asal) akan diarahkan ke URL yang baru.
11. Pagespeed Insights
PageSpeed Insights yaitu alat untuk mengukur kinerja laman (kecepatan laman) untuk perangkat seluler dan perangkat desktop. Alat ini mengambil URL dua kali, yang satu untuk pengguna seluler, dan yang satunya lagi untuk pengguna desktop.
Untuk blogger biasanya dibedakan dengan contoh: https://varianberita.blogspot.com?m=1 (untuk seluler) dan https://varianberita.blogspot.com (untuk desktop).
12. Accelerated Mobile Pages (AMP)
Adalah salah satu proyek Google yang dikembangkan untuk tujuan mempercepat kinerja suatu website/ blog biar sanggup menampilkan setiap halaman dengan cepat.
AMP bukan saja dirancang untuk tampilan laman blog/ situs web dan loading cepat saja, namun mempunyai dampak yang sangat baik untuk SEO, alasannya baru-baru ini Google telah mengupdate algoritma nya yang memasukkan faktor kecepatan situs web di versi seluler menjadi salah satu faktor peringkat situs web/ blog.
SEO Offpage
SEO Offpage yaitu sebuah cara optimisasi SEO yang dilakukan di luar laman situs web/ blog.
Dalam membangun SEO Off Page dikenal dengan dua bentuk SEO, yakni pertama WhiteHat SEO yang artinya meningkatkan secara optimal diluar laman situs web/ blog dilakukan secara alami (Natural) dan sesuai dengan peraturan dan kebijakan yang dikeluarkan Google.
Kedua BlackHat SEO, artinya menjalankan tindakan meningkatkan secara optimal SEO Off Page dengan cara melanggar peraturan dan kebijakan yang dikeluarkan Google Search Engine, serta membahayakan situs web/ blog.
Istilah-istilah dalam Offpage SEO
1. Social Media
Merupakan media untuk membagi majemuk hal, ibarat status, foto, artikel atau link artikel.
Untuk memperkenalkan blog atau artikel terbaru, blogger biasanya memakai social media untuk membagikan artikel terbarunya ke aneka macam platform social media, seperti: Google+, Facebook, Twitter, Pinterest, Linkedin, StumbleUpon, dan sebagainya.
Blogger yang selalu membagi artikelnya ke aneka macam social media mempunyai kesempatan lebih besar untuk sanggup memenangkan kata kunci dan pastinya lebih cepat terindex oleh Search Engine.
2. PBN - Private Blog Network
PBN atau Private Blog Network yaitu sekumpulan situs web/ blog milik sendiri atau milik orang lain yang tujuannya yaitu untuk memberi backlink ke blog utama (kita) dalam perjuangan meningkatkan ranking blog tersebut pada hasil penelusuran Search Engine.
3. Dofollow
Adalah jenis link yang poinnya akan diteruskan oleh google ke halaman yang dirujuknya.
4. Nofollow
Adalah kebalikan dari Dofollow, yaitu google tidak akan meneruskan poin halamannya ke halaman yang dirujuk.
5. Link Building
Adalah proses untuk membangun backlink yang akan diarahkan ke blog utama kita.
6. Backlink
Adalah istilah dimana tautan atau link dari blog lain yang mengarah ke blog kita.
7. Footprint
Footprint yaitu catatan kaki yang dimasukkan ke query pencarian google untuk mencari blog-blog yang dijadikan daerah menanam backlink.
8. Outbound Link
Outbound Link yaitu link keluar yang ada di sebuah halaman ke halaman yang lain. Dalam mencari backlink, sebaiknya anda menanam backlink di daerah yang minim Outbound link.
9. Reciprocal link
Reciprocal link yaitu Pertukaran Link yang dilakukan oleh dua buah situs web/ blog dimana fungsinya biar sanggup mendapat trafik yang menguntungkan diantara kedua belah pihak.
10. Social Bookmark
Social bookmark yaitu sebuah website yang biasa digunakan untuk mengelola, menyimpan, serta membagikan URL yang dianggap penting. Social Bookmark yaitu situs yang memperbolehkan kita mempublish dan mem-bookmark artikel/ konten blog kita.
11. Blog Comment
Blog comment yaitu teknik mencari backlink dengan berkomentar pada situs atau blog orang lain.
Istilah-istilah umum lain dalam dunia SEO
1. SERP
Serp merupakan sebuah akronim dari "Search Engine Results Page" atau jikalau di Indonesia kan artinya yakni "halaman hasil penelusuran search engine".
2. Crawling
Crawling yaitu sebuah proses ketika Googlebot (Robot Google Search Engine) merayapi sebuah situs dan menemukan konten gres di website atau blog, kemudian kemudian konten tersebut akan ditambahkan biar sanggup terindeks oleh Google.
Semakin sering situs tersebut di crawl oleh google, maka semakin elok blog itu di mata google.
3. Domain Authority (DA)
Sebuah metrik atau nilai yang digunakan oleh MOZ untuk memprediksi seberapa berpengaruh otoritas sebuah nama domain. Secara umum, Domain Authority (DA) mempunyai perhitungan sendiri ibarat jumlah link eksternal yang menuju domain, usia domain, jumlah konten yang terindeks google, dan lain-lain.
4. Page Authority (PA)
Page authority (PA) yaitu sebuah hasil perhitungan metrik yang dikeluarkan oleh Moz untuk menilai seberapa baik sebuah halaman situs web/ blog.
Perhitungan tersebut sangat erat kaitannya dengan peringkat website di halaman hasil penelusuran search engine.
Adapun yang menjadi indikator dari perhitungan metrik tersebut yakni perhitungan link yang masuk, nilai MozRank, MozTrust, dan masih banyak faktor-faktor lainnya.
5. Google analytics (GA)
Google analytics yaitu Layanan google untuk mengukur dan menganalisa sikap pengunjung/ user pada sebuah situs web/ blog.

6. Bounce Rate - Rasio Pentalan
Bounce rate atau istilah Indonesianya yaitu "Rasio Pentalan" istilah yakni nilai yang digunakan untuk mengukur seberapa usang seorang user mengunjungi dan berinteraksi dalam sebuah halaman situs web/ blog kita.
Bounce rate di ukur dalam persen. Semakin rendah nilainya, semakin elok sebuah situs web/ blog.
Sebagai pola bounce rate blog awambicara ini yaitu 61.40% artinya, jikalau ada 100 pengunjung, maka ada sekitar 61 orang/ user yang pribadi meninggakan website/ blog tanpa membuka artikel lain. Website dianggap berkualitas jikalau bounche ratenya dibawah 50%.
7. Broken Link
Broken link yaitu Link yang berada dalam sebuah blog atau website yang sudah tidak valid atau mengalami kerusakan (error 404).
8. Link Juice
Kata ini dipopulerkan oleh seorang SEO Expert yaitu Greg Boser. Menurut Greg, link juice yaitu sebuah link yang terdapat di dalam sebuah website/ blog, dimana link tersebut mempunyai kiprah dalam meningkatkan website yang sedang dioptimasi.
Adapun tolak ukur link juice itu sendiri sanggup dilihat dari seberapa terkenal website daerah link blog/ web kita ditanam.
9. Honeymoon
Honeymoon yaitu istilah untuk menggambarkan sebuah situs web atau blog yang sanggup pribadi berada di halaman satu google hanya dalam beberapa ketika saja, dan jikalau tidak dioptimisasi secara benar, posisi nya sanggup saja akan berubah.
10. Whitehat SEO
Whitehat SEO ini kebalikan dari Blackhat SEO, yakni sebuah teknik meningkatkan secara optimal hasil pencarian search engine yang sesuai dengan pedoman kebijakan dari penyedia search engine ibarat Google, Bing, Duckduckgo, yahoo, dan sebagainya.
Jika teknik Whitehat SEO yang diterapkan dalam meningkatkan secara optimal blog, maka segala bentuk update algoritma terbaru tidak akan menunjukkan dampak jelek apa-apa terhadap blog, bahkan sanggup meningkatkan hasil atau rangking search engine.
11. Blackhat SEO
Blackhat SEO yaitu sebuah teknik meningkatkan secara optimal hasil pencarian search engine yang bertentangan pedoman di google.
Teknik ini biasanya sanggup meranking sebuah website atau blog dengan cepat, tapi ketika google melaksanakan update algoritma maka website atau blog tersebut niscaya akan terkena dampak dan bahkan sanggup hingga pada tahap paling ditakuti setiap blogger "penalti" dari Google.
Istilah-istilah dalam Blackhat SEO
1. Hidden Text
Adalah teknik menyembunyikan link yang sebenarnya, biasanya warnanya akan disamakan dengan warna background.
2. Cloacking
Adalah teknik yang menciptakan search engine menampilkan hasil yang tidak sama atau berbeda dengan hasil yang dilihat oleh pembaca atau pengunjung. Teknik ini yaitu yang paling berat hukumannya jikalau diketahui oleh google, yaitu deindex.
3. Penumpukan kata kunci/ keyword
Adalah menaruh banyak kata kunci dalam satu halaman psotingan biar kata kuncinya sanggup dicerna oleh google search engine.
4. Link spam
Adalah menanam backlink di sembarangan tempat, contohnya sering berkomentar spam diblog-blog lain, menciptakan thread diforum dan menanamkan backlink yang tidak relevan.
Link spam ini termasuk blackhat SEO, alasannya google menganggap link spam, baik komentar-komentar spam, atau berada diforum-forum hanya untuk menyepam, akan mengurangi kenyamanan pengunjung pada sebuah halaman situs web/ blog.
Istilah-istilah SEO dan Algoritma Google
1. Google Dance
Google dance yaitu sebuah algoritma yang diciptakan google untuk menyusun ulang website atau blog yang berada di SERP. Kaprikornus jangan heran jikalau website anda jumlah visitornya tiba-tiba turun dan jangan pribadi men-judge website anda terkena penalti.
2. Google Pagerank
Google pagerank merupakan sebuah nilai metrik yang diberikan ke sebuah situs web/ blog, dimana nilai tersebut mempunyai arti ihwal seberapa penting website anda dari sudut pandang Google. Saat ini Google tidak lagi menunjukkan metrik atau nilai Pagerank terhadap sebuah situs/ blog.
3. Google Panda
Sebuah nama algoritma google yang dibentuk biar sanggup menampilkan blog atau website yang berkualitas, mempunyai konten yang original dan bukan hasil "copas" atau copy-paste. Pada pada dasarnya algoritma yang satu ini lebih menekankan kepada kualitas konten yang anda buat di website atau blog.
4. Google Penguin
Sebuah algoritma yang dirancang oleh Google untuk menunjukkan penalti kepada web atau blog yang terbukti melaksanakan pelanggaran aturan kebijakan Google untuk memanipulasi SERP.
Contohnya yaitu dengan melaksanakan link building secara berlebihan, keyword stuffing, cloacking, dan masih banyak lagi.
5. Google Hummingbird
Algoritma Google Hummingbird digunakan untuk membantu Google menafsirkan hasil penulusuran mereka dengan lebih baik lagi, yakni menunjukkan hasil yang paling sesuai dan relevan dengan maksud dan harapan user.
6. Google Pigeon
Algoritma Google Pigeon diluncurkan pada tahun 2014, yang menyasar pada meningkatkan secara optimal search engine (SEO) on-page dan off-page.
Algoritma Pigeon memengaruhi hasil penelusuran di mana lokasi user mempunyai peranan penting. Praktek terbaik untuk memulai teknik SEO off-page yaitu dengan jalan menciptakan konten yang berkualitas dan bermanfaat.
Sehingga, akan banyak direkomendasikan oleh situs-situs web lainnya. Maka akan terciptalah backlink yang natural. Dimana backlink alami yaitu merupakan salah satu meningkatkan secara optimal SEO off-page.
7. Mobilegeddon
Update Algoritma Seluler Google atau yang disebut dengan Algoritma Mobilegeddon untuk memastikan peringkat teratas yang sesuai untuk hasil penelusuran versi seluler.
Sedangkan untuk situs web/ blog yang tidak menunjukkan pengalaman pengguna yang baik dalam versi mobile/ seluler akan disaring dari hasil SERP atau mengalami penurunan peringkat hasil penelusuran secara signifikan.
8. Google RankBrain
Yang merupakan sistem pembelajaran mesin yang membantu Google memahami makna di balik kueri, dan menyajikan hasil pencarian yang paling sesuai untuk menjawab pertanyaan tersebut.
9. Google Possum
Pembaruan atau update ini memastikan bahwa hasil lokal yang bervariasi lebih banyak tergantung pada lokasi user.
Semakin dekat user dengan alamat bisnis/ situs web/ blog, semakin besar pula kemungkinan user untuk melihatnya dihalaman pertama hasil penelusuran google.
10. Google Fred
Algoritma ini menyasar situs blog/ web yang miskin konten, lebih mengarah kepada affaliates serta yang hanya fokus pada pengiklanan saja.
Fred menargetkan situs web/ blog yang melanggar pedoman webmaster Google.
11. Speed Update for Mobile Search
Terhitung mulai tanggal 9 Juli 2018, Update Algoritma Kecepatan Halaman untuk Mobile Search - "Google Speed Update for Mobile Search" sekarang menjadi salah satu faktor dari 200 lebih faktor yang digunakan google dalam memberi peringkat terhadap suatu situs/ blog.
Selengkapnya mengenai update algorimta Google terbaru silahkan lihat di 9+1 Update Mayor Algoritma Google Search Engine 2011-2018.
12. Google Sandbox
Sandbox yaitu waktu yang diharapkan sebuah situs untuk mencari dan mendapat kembali kepercayaan Google search engine alasannya sudah kehilangan kepercayaan dan menghilang dari halaman index google search engine.
Google Sandbox yaitu sebuah penalti atau eksekusi yang diberikan oleh google terhadap sebuah situs web/ blog atau hanya pada satu halaman situs web/ blog, dengan cara menurunkan posisi ranking halaman tersebut di SERP.
Hal ini terperinci akan sangat merugikan alasannya situs web/ blog yang terkena Google Sandbox tidak akan mendapat trafik dengan kata kunci yang pernah di optimasikan.
Banyak blogger beropini bahwa Google Sandbox ini hanyalah sebuah mitor, namun walaupun demikian ada baiknya kita tetap pada jalur yang benar, yakni mempraktekkan Whitehat SEO, bukannya Blackhat SEO.
Jika ada pemanis istilah-istilah SEO yang lain, silahkan bagikan di kolom komentar dibawah. Terimakasih
Sumber https://www.awambicara.id/