Cara Membuat Kue Bawang Sederhana Gurih, Renyah Dan Enak

Bagi anda yang doyan sekali ngemil yaitu makan makanan camilan, pastinya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya kue bawang. Ya kue bawang memang sangat asyik untuk buat cemilan di saat anda mengisi suasana santai. Nah, pada kesempatan kali ini akan kami ulas sedikit tentang cara membuat kue bawang sederhana. Yuk, langsung aja....

Baca Juga : Resep Kue Cubit NCC Sederhana Yang Enak

Bagi anda yang doyan sekali ngemil yaitu makan makanan camilan Cara Membuat Kue Bawang Sederhana Gurih, Renyah Dan Enak

Sebelum kita menuju dapur, langkah yang pertama harus disiapkan adalah bahan-bahan pembuat kue bawang tersebut terlebih dahulu. Adapun bahan-bahan pembuat kue bawang tersebut adalah :

Bahan-bahan pembuat kue bawang sederhana

- Tepung kanji sebanyak 200 gram

- Tepung terigu yang berprotein tinggi seperti segitiga biru 500 gram

- Butter sebanyak 100 gram dilelehkan

- Santan kental secukupnya kurang lebih 400 ml

- Daun selederi 10 batang atau secukupnya dan dirajang atau diiris

- Minyak goreng secukupnya kurang lebih 1 L

- Bahan bumbu kue bawang

- Bawang putih 12 biji

- Bawang merah 15 biji

- Penyedap rasa royco 2 bungkus

- Garam lembut secukupnya

Cara membuat kue bawang sederhana

Pastinya anda sudah tidak sabar ingin mencicipi kue bawang hasil karya anda sendiri yang gurih dan renyah serta super enak ini. Baiklah sekarang saatnya anda membuat kue bawang sederhana ini. Berikut adalah langkah-langkah cara membuat kue bawang sederhana :
Baca Juga : Resep Kue Serabi,Kue Khas Indonesia Yang Maknyus

1. Langkah pertama adalah anda membuat bumbu terlebih dahulu. Kupas semua bawang merah dan bawang putih, cucilah hingga bersih kemudian diiris lembut lalu haluskan dengan cara diuleg di cobek atau diblender dengan tambahkan sedikit garam.

2. Campur tepung terigu, tepung kanji, irisan daun seledri, butter yang telah dilelehkan, penyedap rasa royco serta bumbu yang telah dihaluskan.

3. Langkah selanjutnya adalah campur bahan sampai semua rata kemudian uleni dengan santan sedikit demi sedikit sampai terbentuk adonan yang kalis. Adonan tidak boleh lembek karena adonan ini nantinya akan digiling atau dipotong kecil-kecil dan panjang.

4. Setelah adonan menjadi kalis, maka anda bagi menjadi beberapa bagian yang tidak terlalu besar untuk digiling di gilingan mie. Namun apabila anda tidak memiliki gilingan mie, maka anda dapat memotongnya dengan manual. Sebelum di potong dengan gunting yang bersih, anda harus memipihkan adonan-adonan tersebut. Anda dapat menggunakan batang botol kaca yang telah dibungkus plastik untuk memipihkan.Kemudian potong adonan kue bawang dengan pola kecil memanjang.

5. Langkah terakhir cara membuat kue bawang sederhana adalah menyiapkan minyak goreng untuk menggoreng kue bawang tersebut. Nyalakan kompor, panaskan minyak goreng ke dalam panci penggorengan. Kemudian gorenglah kue bawang sampai mengembang dan sedikit berwarna kecoklatan. Apabila dirasa sudah cukup matang dan renyah, tiriskan. Apabila kue bawang sudah agak dingin taruhlah kue bawang di toples yang telah tersedia. Dan kue bawang pun telah siap dimakan untuk camilan.

Menghasilkan : 3 toples
Porsi : 6 orang
Waktu persiapan : 30 menit
Lama masak : 2 jam
Tipe resep : kudapan

Baca juga : Resep kue bawang pedas

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel