Cara Mempercepat Kinerja Laptop Dan Komputer Secara Efisien

Bagi orang yang setiap harinya bekerja di depan komputer Cara Mempercepat Kinerja Laptop dan Komputer Secara Efisien
Bagi orang yang setiap harinya bekerja di depan komputer, mungkin seringkali menjumpai aneka macam problem yang terkadang menciptakan jengkel, salah satunya ialah komputer dan laptop yang kinerjanya melambat dan lebih lelet dari sebelumnya.

Ada banyak faktor yang menyebabkan kinerja komputer melambat, namun dengan tips-tips berikut ini, sanggup membantu meringankan beban komputer alasannya ialah akan menghilangkan eksklusif sumber problem yang menyebabkan komputer lemot.

Baca Juga : 3 Tips Praktis Bersihkan Keyboard Laptop dan Komputer Kamu

Cara Mempercepat Kinerja Laptop dan Komputer Secara Efisien

1. Gunakan Aplikasi Cleaner

Terkadang kita tidak sadar bahwa kegiatan kita sehari-hari dalam mengoperasikan komputer, meninggalkan begitu banyak file-file sampah di komputer.

Baik itu berupa cache, thumbnail, ataupun history atau jejak browser ketika berselancar di internet, hal ini kalau dibiarkan terus-menerus maka akan menyita banyak sekali ruang memory di dalam HDD kamu, dan dampaknya akan memperlambat kinerja komputer kau sampai sekian puluh persen.

Untuk mengantisipasi hal ini maka kau perlu untuk membersihkannya, ada begitu banyak aplikasi Cleaner komputer yang layak kau gunakan bertebaran di internet, download yang berdasarkan kau paling baik, dan lakukanlah scan secara rutin dan berkala.

2. Pantau Aplikasi di Latar Belakang

Memantau aplikasi yang berjalan di latar belakang, sanggup dengan memakai Task Manager, cara membukanya sanggup melalui search acara and files dan ketik "taskmgr" dan pilih view running processes with task manager.

Ada begitu banyak acara berjalan yang sanggup kau atur sesuai harapan kamu, end procces yang berdasarkan kau menguras memory paling besar dan sedang tidak digunakan.

3. Gunakan Antivirus Secara Berkala

Walaupun antivirus sendiri menyita cukup banyak memory ram di komputer dan laptop kamu, namun fungsinya sangat vital untuk keamanan file-file dan kemudian lintas data di internet.

Virus-virus komputer khususnya malware seringkali menciptakan komputer berjalan lebih lambat dari biasanya, dengan scan virus memakai antivirus yang selalu di update, akan menghindari adanya malware yang menyusup ke sistem komputer kamu.

Baca Juga : 9 Jenis Virus Komputer Yang Wajib Kamu Waspadai!

Selain itu virus-virus lainnya yang bersarang di HDD, akan gampang di hilangkan dengan antivirus dengan database virus terbaru, jadi jangan lupa ya untuk selalu mengupdate antivirusmu secara berkala.

4. Merapihkan File dengan Bantuan File Manager

File-file yang awut-awutan juga turut berperan dalam menciptakan komputer kau lemot dan lambat ketika dioperasikan, beruntung kebanyakan file manager telah menyediakan fitur untuk merapihkan file-file yang berantakan.

Caranya pilih local disk yang ingin kau rapihkan > organize > properties > tools > defragmentation > defragment now, kemudian kau akan diberikan pilihan untuk menganalize disk terlebih dahulu atau eksklusif mendefragmentation.

Analyze disk fungsinya untuk mengetahui apakah status disk kau benar-benar perlu untuk dirapihkan, semakin tinggi nilainya maka semakin dianjurkan untuk di defragmentation.

5. Restart Komputer!

Setelah semua langkah diatas telah kau lakukan, maka restartlah komputer kau untuk membuatnya semakin fresh dan siap untuk digunakan.


Sekian tips komputer kali ini, semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung.
Sumber https://www.tagarnuansa.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel