Ukiran Alami Batuan Sungai Bogowonto

Bogowonto memang gak sanggup lepas dari kenangan masa kecil, dimana sungai ini menjadi salah satu tujuan daerah bermain bersama temen temen di waktu masih SD dulu. Mandi mandi, berendem, nyari ikan dengan serokan, dan nyari watu batu yang bentuknya unik, fokusnya sih maen maen seru seruan, apalagi jaman dulu belum pada punya kamera, jadi enggak terdistraksi untuk foto foto.

Beberapa puluh tahun enggak main ke sungai itu, ternyata kini lagi booming nih di media sosial, gegara ada satu spot di Sungai Bogowonto yang mengatakan pemandangan anggun berupa batuan dasar sungai yang berlapis lapis diukir alam. Apalagi kini ini isu terkini kemarau, sehingga banyak menyisakan kolam kolam alami, hasil dari air yang terjebak di lobang lobang batu. Sangat cocok dah untuk foto-foto maupun ajang selfie dengan latar belakang tabrakan watu alami eksotik nan indah menawan ini.

Ukiran watu alam yang terbentuk dari hasil gerusan anutan air sungai ini kira kira membentang sepanjang 1 kilometer. Letaknya berada sekitar 500 meter sebelah selatan Bendung Boro, bebatuan yang tersusun masih teraliri air dengan debit kecil, dan akan terlihat terang dikala isu terkini kemarau saja, sedangkan dikala isu terkini penghujan, debit air meningkat, dasar sungai tidak kelihatan lagi.


Selain itu juga terdapat palung-palung kecil terisi air yang tampaknya dalem banget sih. Untuk menjangkau hingga ke lokasi ini praktis banget deh, arahkan kendaraan kalian ke Pangenrejo, kemudian masuk ke gang di sebelah selatan Gereja Katolik Jawa Pangenrejo, di Jalan Brigjen Katamso Purworejo (dekat eks Rumah Sakit PKU Pangen). Ikutin aja jalan aspal kecil ini ke arah timur, hingga bertemu lapangan Ciluek, kemudian melewati jembatan sungai kecil, kemudian menurun hingga ke sebuah warung berjulukan Warung Bogowonto.



Nah di parkiran warung inilah kita sanggup memarkirkan kendaraan (baik roda 2 maupun 4). Tidak ada tiket masuk untuk sanggup menikmati objek wisata ini, cuma bayar parkir aja kok. Atau sanggup juga sekalian makan siang di warung ini, heuheuheu

Dari warung ini, kita tinggal jalan kaki menuruni beberapa anak tangga menuju tepian sungai, dan arahkan perjalanan kalian ke kiri sekitar 100 meter, hingga deh ke lokasi menawan ini.


 Lokasi : Search aja di google maps ``Warung Bogowonto``

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel