Tips Sukses UN Bahasa Inggris 2019 kesatu


Salah satu kunci untuk menunjang kesuksesan menghadapi Ujian Nasional Bahasa Inggris, selain menguasai perbendaharaan kata (vocabulary) yang kerap muncul pada soal juga perlu memahami soal dengan cara menguasai formula 5 W + 1 H. Apa itu 5 W + 1 H? Yaitu What, Why, Where, When, Who, dan How. Untuk soal teks seperti Narrative, Recount, Descriptive, Report dan Procedure hampir selalu menggunakan kata tanya (question word) 5 W, 1 H tadi. Yang pertama adalah anda harus tahu arti dan penggunaanya dalam suatu kalimat tanya yang membutuhkan jawaban sesuai dengan kata tanya yang digunakan.

 Salah satu kunci untuk menunjang kesuksesan menghadapi  Tips Sukses UN Bahasa Inggris 2019 kesatu
Latihan UNBK Bahasa Inggris di Lab MTs Walisongo Tulis

Penggunaan Formula tadi disesuaikan dengan tenses masing-masing. Jika Narrative dan Recount menggunakan tenses, Past tense (Simple past dan past continuous), maka untuk Teks Descriptive, Report dan Procedure menggunakan tenses, Present tense (simple present). Untuk Narrative biasanya tentang cerita fiktif seperti legenda, cerita rakyat, mitos, dll. Sedangkan untuk recount biasanya mengenai pengalaman liburan dll. Selanjutnya untuk Descriptive biasanya discuss tentang Deskripsi sesuatu bisa orang, tempat, binatang yang bersifat khusus (particular) sehingga menggunakan subjek khusus/tunggal (he, she, it). Kemudian untuk Report membahas tentang deskripsi secara umum sehingga menggunakan subjek atau kata ganti jamak (they), karena membicarakan secara umum tentang sesuatu (general). Untuk Procedure text, umumnya menggunakan imperative.

Contoh penggunaan 5 W + 1 H dalam soal 5 jenis teks di atas:
Narrative:
1. What did the mouse do to help the lion?
2. When did snow white go to the forest?
3. Where did Malin kundang live?
4. Why did the mousedeer cheat the crocodile?
5. Who took the gold?
6. How did the lion escape from the hunter?
Recount
1. Where did the writer go?
2. When did he arrive at the campsite?
3. Where did she go?
4. Why was she so sad?
5. Who took the writer’s wallet?
6. How was the writer’s feelings?

Descriptive
1. What does Nisa look like?
2. When does the writer feed the cat?
3. Where does it sleep?
4. Why is the bird  hungry?
5. Who feeds the pet?
6. How  does the monkey eat banana?
Report
1. What do they eat?
2. When do elephants move to another place?
3. Where do lions live?
4. Why are they thirsty?
6. How  do crocodiles attack their preys?
Procedure
1. How many steps are there in the text?
2. What is the third step?
3. Where do we put the oil?
4. Why do we have to press exit button?

Perhatikan untuk soal Narrative dan recount menggunakan kata bantu “did” untuk menyatakan lampau. Kemudian pada kalimat nominal menggunakan “was/were”. Kemudian untuk teks descriptive, report dan procedure, menggunakan kata bantu “ do/does”. Pada kalimat nominal menggunakan to be “is/am/are”.

Untuk belajar 5 W + 1 H dapat di klik di sini. Memahami soal sangat penting karena kita tidak ngawur dalam menjawab, oleh karena itu kita setidaknya mengetahui arti kata tanya yang digunakan beserta tenses untuk kelimat jenis teks di atas.

Untuk Tips sukses UN 2019 pertama ini difokuskan pada 5 jenis teks, beserta kata tanya serta tenses yang digunakan. Selanjutnya penulis akan bahas Tips Sukses UNBK 2019 kedua di posting selanjutnya.

Sumber http://bahasainggrissmp-mts.blogspot.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel