Cara Copy Paste Artikel Dari Word Ke Postingan Blog Semoga Tidak Berantakan

Halo Sobat CARA BRILink  yang sudah sering mondar-mandir di blog ini ataupun yang gres berkunjung, kali ini saya akan memperlihatkan satu tips untuk para Penulis yang suka menulis memakai Microsoft Word, dan pada kesannya Anda menginginkan goresan pena hasil goresan pena Anda yang memakai Microsoft Word bisa di posting di dalam postingan blog ataupun website.

Cara mempostingnya tentu sangat gampang bila Anda sudah mempunyai kemampuan dalam hal menciptakan blog, baik yang gratis ataupun yang berbayar, yang gratis bisa ibarat mengunakan blogspot dan juga wordpress, mungkin salah satunya menjadi pilihan Anda. Caranya tinggal copy paste saja maka artikelpun dalam sekejap akan berpindah ke blog Anda.

Copy paste memang mudah, tetapi kita harus pahami bahwa isyarat / struktur didalam Microsoft Word dan isyarat / struktur didalam postingan blog tentu berbeda, yang akan menciptakan beberapa goresan pena atau elemen yang pada Microsoft Word terlihat rapi tetapi pada dikala sehabis di publikasikan di blog menjadi berantakan.

Baca Juga


Untuk mengatasi hal ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan sebelum kita memposting artikel kita dari Microsoft Word ke postingan blog supaya tidak berantakan, salah satu yang paling umum yang saya ketahui ialah dengan cara memanfaatkan tool / sofware Notepad yang sudah ada secara depault disetiap komputer yang kita gunakan.

Cara memakai Notepad tentu cukup gampang tinggal kita copy paste Artikel dari Word-nya ke Notepad, selanjutnya Anda rapikan dulu di Notepad artikelnya, sehabis dirasa rapi gres copy pastekan ke entri postingan blog Anda, namun alasannya ialah intinya Notepad tidak membaca element lain selain teks maka tentunya artikel dari Word tadi akan berkembang menjadi teks semua, tanpa element, dan yang lainnya yang tidak terbaca oleh Notepad.

Dengan memanfaatkan Notepad kita akan bekerja 2 kali;

  1. di Notepad untuk merapikan teks yang mungkin menjadi berantakan,
  2. di entri postingan blog untuk menambahkan dan mengatur element pelengkap supaya gampang dipahami dan terlihat rapi, ibarat gambar dan juga tabel bila ada.

Lalu dengan cara bagaimana supaya lebih mempermudah Cara copy paste artikel dari Word ke postingan blog supaya tidak berantakan? disini saya memakai 3 Tool online dan notepad++ sekaligus, lebih ribet dong bila harus memakai banayak Tool?" memang lebih ribet jikalau belum dicoba, sehabis dicoba akan tahu dan mencicipi kelebihannya bisa dibandingkan memakai Notepad saja, dengan hasil yang tidak mengecewakan memuaskan, bergotong-royong hasil ialah buah dari kretifitas kita sendiri.

Saya akan coba jelaskan cara yang saya gunakan dan juga Tool online-nya, disini saya kebetulan menciptakan artikel postingan memakai Table of Contents (TOC) alasannya ialah yang saya posting ialah tumpuan surat / dokumen yang lebih dari 6 rb kata dengan beberapa cuilan didalamnya ;


Akses Tool online-nya 
  1. Convert Word Documents To HTML 
    • Tool ini dipakai untuk menghapus paragraf dan beberapa isyarat yang dipakai di Word dan meng-Convertnya ke HTML, dan yang lainnya bisa dilihat dan dibandingakan pada hasilnya, bergotong-royong dengan Tool ini juga sudah cukup bila Anda mengerti isyarat HTML untuk memperbaiki hasil dari Tool ini.
  2. Word HTML
    • Tool ini bergotong-royong kegunaanya sama saja, namun mungkin alasannya ialah saya belum familiar mengunakannya jadi saya putuskan Tool ini saya gunakan untuk mengedit / memperbaiki hasil kerja dari Tool pertama, alasannya ialah dengan Tool ini kita akan gampang mengedit dengan cara sama ibarat kita mengedit di Word-nya itu sendiri.
  3. Google Dokumen
    • Tool ini dipakai untuk mengupload dukumen Word Hal ini dilakukan untuk mempermudah mengambil / menyalin gambar yang ada di dalam File Word tersebut, nantinya tinggal copy paste saja, dengan pemberian Google Dokumen kita tidak perlu lagi mengupload gambar yang ada di file Word alasannya ialah gambar tersebut akan otomatis menjadi gambar yang online dengan link yang bisa kita copy atau simpan dimana saja dipostingan blog.
Tahap tata cara kerjanya
  1. 1.Siapkan File Microsoft Word yang berisi artikel yang akan di publikasikan di blog
  2. Upload File Microsoft Word yang berisi artikel yang akan di publikasikan di blog ke Google Dokumen
  3. Buka juga Notepad++; untuk mempermudah dalam mengedit hasil convert dari Tool 1 dan 2 tadi hal ini dilakukan bila postingan memakai Table of Contents (TOC) alasannya ialah isyarat TOC akan eror bila mengunakan mode Compose pada entri (yang saya maksud disini ialah entri pada blogspot), bisa saja memakai mode HTML tetapi alasannya ialah dengan lebih dari 6 rb kata tentu akan merepotkan / tidak leluasa dalam mengeditnya jadi saya lebih nyaman memakai Notepad++ dulu gres saya copykan ke mode HTML sehabis dirasa semua sudah rapi dan siap untuk dipublikasikan.
  4. mandir di blog ini ataupun yang gres berkunjung Cara copy paste artikel dari Word ke postingan blog supaya tidak berantakan
    Tampilan pada Tool 1 hasil convert isyarat html terlihat lebih rapi
  5. Buka File Word blok semua artikelnya, bila artikel terlalu banyak ibarat saya lebih dari 6 rb kata sebaiknya sebagian-sebagian sesuai subheading yang akan kita buat pada TOC nantinya
    • Copy ke Tool 1
    • Klik Convert to clean html
    • Klik pada Copy cleaned HTML to clipboard kemudian tekan Ctrl+C pada keyboard
    • Buka Tool 2 paste / tekan Ctrl+V pada keyboard pada mode HTML
    • mandir di blog ini ataupun yang gres berkunjung Cara copy paste artikel dari Word ke postingan blog supaya tidak berantakan
      Artikel sudah siap di posting dengan memakai mode html
    • Klik Word Editor rapikan bila dirasa masih ada yang kurang pas
  6. Selanjutnya memasukan gambar; disini tidak perlu lagi mengupload gambar ibarat di entri postingan blogspot, kita tinggal buka saja file yang sudah diupload tadi ke Google Dokumen, klik pada gambar dan salin / copy kemudian pastekan pada Tool 2 diposisikan sesuai dengan di artikel Word-nya.
    Cara copy gambar dari Google Dokumen
  7. Selanjutnya bila di di Word ada tabelnya; bila tabel sama saja ibarat teks biasa tinggal copy ke Tool 1 dan Tool 2 kemudian edit di Tool 2, rubah ukuran tabel sesuaikan dengan lebar halaman postingan, perlu dijadikan ukuran juga bila diakses perangkat mobile alasannya ialah dengan cara ini tabel tidak responsive, rubah ukuran lebarnya pada 320px atau bisa cara lain cari di Google
  8. Dilangkah Tool 1 dan 2 sudah selesai tinggal copy dan pastekan pada Notepad++ artikel pada Tool 2 pada mode HTML alasannya ialah disini saya akan mengatur postingan TOC-nya, bila bukan postingan TOC tinggal pribadi buka blog Anda buat entri gres dan paste pada mode HTML.
Saya rasa hingga disini selesai sudah saya jelaskan cara copy paste artikel dari Word ke postingan blog supaya tidak awut-awutan memakai Tool online dengan pemberian Notepad++ juga. 

Pada dasarnya setiap cara ialah baik dan gampang berdasarkan pengunanya dan disini saya lebih nyaman dengan cara saya diatas, bila Anda sudah mencobanya Andalah yang memilih cara ini efektif atau tidak.

Selalu, bahwa setiap Tool ada kekurangan dan juga ada kelebihannya, dengan 3 Tool online dan juga Notepad++ saya rasa hasilnya sangat memuaskan dan saya tidak perlu banyak merubahnya cukup gunakan Ctrl+C dan Ctrl+V saja.

Untuk melihat tumpuan postingan hasil dari 3 Tool online dan juga Notepad++ dengan model TOC klik pada link ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel