Resep Kue Ape Pandan Yang Empuk Dan Lembut

Indonesia merupakan negara yang sangat kaya akan sajian kulinernya, mulai dari makanan khas hingga jajanan tradisionalnya. Jajanan tradisional sendiri ada banyak sekali macamnya yang juga berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Seperti kue ape misalnya. Kue yang biasanya berwarna hijau dan memiliki cita rasa pandan ini cukup populer dan banyak dijual di jalan-jalan wilayah ibukota. Rasanya yang manis dan enak serta tekstur yang empuk dan lembut membuat kudapan satu ini cukup banyak disukai orang. Bentuknya pun sangat unik dengan bagian tengah yang menggembung dan pinggirannya yang pipih sehingga membuatnya terlihat menarik. Nah jika ingin menikmatinya, anda bisa membuatnya sendiri di rumah karena dari pada membeli, buatan sendiri tentu akan lebih berkesan. Jadi, berikut ini resep kue ape pandan yang empuk dan lembut untuk anda.

Baca Juga : Ini Dia Cara Membuat Kue Cubit Laba-Laba Yang Enak, Renyah Dan Praktis

Indonesia merupakan negara yang sangat kaya akan sajian kulinernya Resep Kue Ape Pandan Yang Empuk Dan Lembut

Bahan

- 100 gram tepung terigu berprotein sedang

- 200 gram tepung beras

- 2 sendok teh baking powder

- 175 gram gula pasir

- ½ sendok teh garam

- 400 ml air

- 25 ml air daun suji dari seduhan daun suji sebanyak 25 lembar dan daun pandan 2 lembar dengan air 30 ml

- 8 tetes pasta pandan

Cara Membuat Kue Ape Pandan

1. Untuk membuat kue ape pandan, pertama-tama siapkan wadah lalu masukkan beberapa bahan seperti tepung terigu, tepung beras, garam dan juga baking powder. Aduk semua bahan tersebut agar tercampur dan menyatu sempurna.

2. Tambahkan gula ke dalam adonan bersama air sedikit demi sedikit sambil adonannya diuleni selama kurang lebih 15 menit sampai adonan tercampur rata.

3. Masukkan juga air daun suji ke dalam adonan sedikit demi sedikit sambil adonan dikocok dengan menggunakan wisk atau alat pengocok manual. Setelahnya, adonan didiamkan selama kurang lebih 15 menit agar adonan mengembang.

4. Siapkan wajan lalu panaskan di atas api besar. Beri sedikit olesan dengan margarin atau bisa juga menggunakan minyak goreng. Hal ini dilakukan agar kue tidak lengket pada wajan.

5. Setelah wajan panas, Mulai tuangkan adonan ke bagian tengah wajan sebanyak 1 sendok sayur. Kemudian bagian pinggiran kue ditekan agar menjadi pipih dan mengering. Kecilkan api lalu wajan ditutup dan tunggu sampai adonan matang sekitar 3 atau 4 menit. Ulangi sampai semua adonan habis dan menjadi kue ape yang matang.

6. Sajikan di atas piring saji dan kue ape pandan siap untuk disantap

Jadi, itulah resep kue ape pandan yang empuk dan lembut serta cara membuatnya untuk bisa anda praktekkan di rumah. Sajikan kue ape dalam keadaan masih hangat agar rasanya tetap enak dan lezat. Dan kue ini tentu sangat cocok untuk menemani waktu santai keluarga anda. Sekian

Menghasilkan : 2 loyang
Porsi : 10 orang
Waktu persiapan : 30 menit
Lama masak : 30 menit
Tipe resep : kudapan

Baca Juga : Resep Kue Lumpur Kentang Super Lembut




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel