Ini Dia Resep Dan Cara Membuat Martabak Mini Spesial

Secara umum, martabak mini adalah kudapan yang sama seperti martabak manis namun memiliki ukuran yang lebih kecil. Itulah kenapa makanan ini juga sering disebut dengan sebutan martabak unyil. Meskipun memiliki ukuran yang kecil, namun cita rasa yang dimilikinya tak kalah dengan martabak seperti biasanya. Tekstur yang dimilikinya pun sangat lembut dan empuk sehingga semakin memanjakan lidah saat dinikmati. Di samping itu, seperti pada umumnya, martabak mini juga dilengkapi dengan berbagai varian rasa yang bisa dipilih sesuai selera seperti rasa cokelat, keju, kacang dan lain sebagainya. Kudapan ini memang sangat populer sehingga bisa didapatkan dengan mudah karena sudah meluas ke berbagai daerah. Namun bagi anda yang tidak begitu suka jajan di luaran, anda tentu bisa tetap menikmatinya dengan cara membuatnya sendiri di rumah. Caranya? Ya dengan resep cara membuat martabak mini spesial ini.

Baca juga : Resep Martabak Telur Mini Dan Cara Membuatnya Dengan Praktis

 martabak mini adalah kudapan yang sama seperti martabak manis namun memiliki ukuran yang  Ini Dia Resep Dan Cara Membuat Martabak Mini Spesial

Karena sama seperti martabak biasanya, cara membuat martabak mini ini cenderung sama. Namun untuk mendapatkan rasa yang lezat dan spesial, tentu diperlukan bahan dan porsi yang tepat. Tak usah berlama-lama, yuk simak resep dan cara membuat martabak mini spesial berikut ini.

Baca Juga : Resep Dan Cara Membuat Martabak Manis Khas Bangka

Bahan Yang Dibutuhkan

Bahan utama :

- 250 gr tepung terigu, ayak terlebih dahulu

- butir telur ayam

- 1 sdm ragi instan

- ½ sdt baking powder

- 100 gr gula pasir

- 200 gr susu bubuk

- 500 ml air bersih

- ½ sdt Garam halus

Bahan topping :

- 350 gr Cokelat meises

- 250 gr keju cheddar

- Susu kental manis secukupnya

- 250 gr mentega

Cara Membuat Martabak Mini Spesial

1. Siapkan sebuah wadah lalu masukkan beberapa bahan ke dalamnya seperti tepung terigu, susu bubuk, ragi instan, gula pasir dan juga garam. Aduk sampai semua bahan tercampur rata.

2. Masukkan juga telur ayam ke dalam wadah berisi adonan tadi lalu aduk kembali dengan cepat sampai adonan merata. Anda bisa menggunakan mixer untuk mengocok adonan lebih cepat.

3. Tuangkan air ke dalam adonan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk secara perlahan sampai adonan sedikit berbusa

4. Siapkan cetakan martabak mini, panaskan dan olesi dengan sedikit mentega agar tidak lengket. Tuang adonan ke setiap cetakan dan jangan sampai penuh karena adonan akan mengembang.

5. Setelah adonan mengembang, angkat dan tiriskan. Olesi mentega lalu taburi dengan bahan topping di atasnya.

6. Tata dalam piring saji dan martabak mini spesial siap dinikmati

Demikianlah ulasan tentang resep cara membuat martabak mini spesial yang bisa anda coba untuk menikmati kudapan lezat nan spesial satu ini. makanan ini bisa anda sajikan untuk cemilan sore menemani waktu santai anda bersama keluarga.

Baca juga : Resep Dan Cara Membuat Martabak Telur Spesial

Menghasilkan : 8 martabak
Porsi : 8 orang
Waktu persiapan : 30 menit
Lama masak : 1 jam
Tipe resep : kudapan



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel