Aplikasi Android Untuk Merubah Ponsel Menjadi Scanner

Mungkin banyak yang Anda tidak tahu, bahwa ada banyak hal yang sanggup Anda lakukan dengan smartphone Android Anda.

Dan salah satunya yaitu scan dokumen memakai kamera ponsel android Anda.

Ada beberapa aplikasi yang sanggup Anda gunakan, yang mengatakan kualitas yang sama dengan scanner resmi.
 bahwa ada banyak hal yang sanggup Anda lakukan dengan smartphone Android Anda Aplikasi Android untuk Merubah Ponsel Menjadi Scanner

Kali ini kami akan mengatakan tips bagaimana cara memindai atau me-scan dokumen dengan ponsel dan Tablet Android Anda.

Yang harus Anda lakukan yaitu merubah ponsel atau hp Anda menjadi scanner, memakai salah satu aplikasi terbaik untuk memindai atau scan dokumen di ponsel Android Anda.

Aplikasi yang sanggup mengatakan fungsi merubah hp android Anda menjadi scanner - CamScanner.

Lihat: Cara Membuat Huruf Tebal, Miring, Coret di Whatsapp

Aplikasi Merubah HP Android menjadi Scanner


CamScanner yaitu aplikasi paling baik dalam merubah kamera hp android Anda menjadi perangkat scanner.

Yang sanggup Anda gunakan untuk memindai atau scan dokumen-dokumen penting Anda, yang lalu sanggup Anda pergunakan sesuai kebutuhan.

Berikut ini langkah demi langkah cara memakai aplikasi pemindai dokumen ke pdf untuk ponsel Android - CamScanner.

Cara Memindai - Scan PDF dengan Ponsel Android


Ada beberapa aplikasi yang tersedia untuk memindai dokumen ke PDF.

Anda juga sanggup menggunakannya untuk keperluan-keperluan penting Anda, tanpa harus membeli perangkat scanner baru.

Mengirim softcopy ke sekolah, kampus ataupun untuk urusan pekerjaan kantor Anda.

Atau sanggup juga untuk Anda gunakan dalam memenuhi persyaratan-persyaratan penerimaan CPNS atau pegawai PPPK yang harus dikirim secara online, yakni berupa file softcopy PDF nya.

Bagaimana hasil dan kualitas dari file dokumen pdf ini, tergantung pada kamera ponsel Anda.

Scan Dokumen dengan Kamera Ponsel Android & Tablet


Mari kita lihat Bagaimana cara Memindai dokumen dengan CamScanner, salah satu aplikasi pemindai foto terbaik untuk Android.

1. Pertama-tama Anda harus menginstal aplikasi pemindai atau scan dokumen untuk android dari tautan di bawah ini.

Instal CamScanner

2. Saat selesai, jalankan aplikasi CamScanner untuk pertama kalinya.

Anda diminta untuk register memakai email atau nomor hp, menciptakan password, lalu memverifikasi email dan nomor hp tersebut.

 bahwa ada banyak hal yang sanggup Anda lakukan dengan smartphone Android Anda Aplikasi Android untuk Merubah Ponsel Menjadi Scanner

Lalu, Anda akan melihat antarmuka ruang kosong di mana semua hasil scan akan ditambahkan disini, serta ikon kamera di serpihan kanan bawah.

3. Jika Anda hanya ingin mulai memindai dokumen, klik ikon kamera itu dan Anda akan menuju ke layar layaknya aplikasi kamera foto.

Pada langkah ini Anda harus memberi perhatian khusus pada dua hal yang akan kami tunjukkan di bawah ini.

Ada dua opsi utama:

Pertama:

Adalah yang mempunyai ikon yang sepertinya terlihat dua kotak, yang mana ini yaitu untuk memindai lebih dari satu dokumen. Sangat cocok untuk memindai dokumen yang mempunyai beberapa kertas yang sama.

Kedua:

Adalah ikon di sebelah kanan, yang hanya mempunyai satu kotak. Dan ini yaitu mode individual atau untuk menscan atau memindai satu dokumen saja.

 bahwa ada banyak hal yang sanggup Anda lakukan dengan smartphone Android Anda Aplikasi Android untuk Merubah Ponsel Menjadi Scanner

Lihat: Trik Aplikasi Edit Foto Keren Terbaik untuk Android

4. Prosesnya sangat gampang ibarat yang Anda lihat pada gambar dibawah ini. Pada halaman utama klik pada kamera, dan pada layar berikutnya Anda harus menentukan mode tunggal atau multi-dokumen.

Fokuskan kamera dengan baik dan mulai memotret.

Aplikasi akan segera mengenali kertas yang ingin Anda pindai/ scan, meskipun Anda masih sanggup mengedit perimeter ukuran kertas jikalau ada kesalahan.

5. Pada serpihan ini Anda hanya perlu mengklik tombol kamera untuk mulai memindai/ menscan.

Ketika Anda melaksanakan ini, maka ia akan memindai dokumen dan memperluasnya ke layar penuh seperti Anda telah mengambil fotokopi dengan membawa Anda ke layar pengaturan.

6. Pada langkah selanjutnya Anda sanggup melaksanakan beberapa hal, ibarat mengubah judul default, untuk mengetahui di sajian utama apa yang ada di setiap dokumen.

Di bawah ini Anda mempunyai beberapa filter ibarat Instagram untuk menyesuaikan sorotan dokumen dan skala abu-abu serta menentukan bagaimana Anda ingin dokumen tersebut terlihat.

 bahwa ada banyak hal yang sanggup Anda lakukan dengan smartphone Android Anda Aplikasi Android untuk Merubah Ponsel Menjadi Scanner

Ada juga opsi pengaturan yang sanggup Anda edit untuk menghasilkan dokumen yang lebih detail.

7. Anda juga akan melihat bahwa ikon dengan beling pembesar dengan teks OCR. Ini yaitu fitur premium yang memungkinkan Anda untuk merubah file PDF ke Word.

Paling tidak, mode otomatis di layar ini biasanya akan bekerja dengan baik.

Kaprikornus ini hanya transisi di mana, sesudah semuanya sesuai dengan harapan Anda, alhasil yang harus Anda lakukan yaitu mengklik "Centang" untuk mendapatkan dan menuntaskan pemindaian dokumen.

8. Selesai!. Setelah Anda menuntaskan semua langkah di atas, gambar dokumen yang dipindai/ scan akan disimpan pada aplikasi dan Anda sanggup mengaksesnya kapan saja dari layar utama.

Anda sanggup mengetuknya untuk membukanya dan melihat gambar dokumen.

Jika Anda ingin mengonversinya atau merubahnya menjadi file PDF Anda harus mengeklik ikon klasik “bagikan”.

 bahwa ada banyak hal yang sanggup Anda lakukan dengan smartphone Android Anda Aplikasi Android untuk Merubah Ponsel Menjadi Scanner

Dengan demikian Anda sanggup menentukan apakah akan dibagikan sebagai file gambar (JPG) atau file dokumen (PDF) dan lalu menentukan salah satu aplikasi seluler Anda untuk membukanya.

Impor dan Ekspor teks


CamsCanner mempunyai banyak fitur yang sanggup Anda gunakan, ada yang gratis dan ada pula yang berbayar.

Di layar utama Anda akan menemukan ikon "Tiga-Titik" yang akan menampilkan beberap opsi.

Di antaranya yaitu impor dari Galeri yang sanggup Anda pilih dari salah satu foto dokumen Anda disana, untuk mengeditnya atau menerapkan filter CamScanner dan menyoroti dokumen.

Lihat: Cara Mendapatkan Aplikasi dan Game Android Berbayar Secara Gratis

Yang Anda lakukan yaitu cukup dengan memotret gambar dokumen yang ingin Anda pindai dan lalu Anda sanggup mengimpornya ke aplikasi untuk mengedit dan menyesuaikannya ibarat yang Anda inginkan.

Fitur Premium yang disebut OCR ini yaitu opsi untuk mengenali teks/ huruf.

Yang mana akan menganalisa goresan pena dan mendigitalisasikannya dengan merubahnya ke format teks (.txt) yang sanggup Anda gunakan di aplikasi teks editor apa pun (android, windows, ios, dan sebagainya).

Namun hasil dari konversi gambar dokumen menjadi teks, biasanya hasilnya tidak tepat dan awut-awutan dengan beberapa simbol-simbol aneh.

Entah itu Anda memakai perangkat scanner orisinil maupun memakai ponsel/ hp Anda untuk scan dokumen.

Biasanya ini disebabkan lantaran fitur OCR tidak mengenali abjad yang ada di gambar dokumen, yang sanggup saja disebabkan lantaran goresan pena kurang terang atau kertas dokumen yang difoto terlipat.

Namun, inti dari semuanya yaitu bahwa untuk memakai fitur OCR ini Anda harus membeli lisensi Pro sebesar $ 2,29, yang menunjukkan kualitas gambar dan teks digital yang lebih baik.

Ada juga paket premium seharga $ 5 perbulan, yang mana paket ini akan mengatakan Anda fitur kolaboratif dan 10 GB penyimpanan cloud.

Lihat: Cara Mengembalikan Foto yang Hilang dan Terhapus dari Ponsel

Apakah Anda mau membayar atau tidak untuk mendapatkan fungsi-fungsi ini, semua sepenuhnya tergantung pada kebutuhan Anda.

Saya harap tutorial ini akan banyak membantu dan menghemat waktu Anda untuk sekedar hanya memindai atau scan dokumen-dokumen penting Anda.

Berkat smartphone Android, Anda tidak perlu lagi membeli perangkat scanner ataupun pergi ke daerah fotocopy atau komputer center hanya untuk memindai dokumen-dokumen penting Anda.
Sumber https://www.awambicara.id/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel