Kesahajaan Kemuliaan Allah

Injil Lukas menceritakan bahwa kelahiran Yesus terjadi pada waktu Kaisar Agustus bertakhta. Agustus bahwasanya berjulukan Octavianus, nama lengkapnya : Gaius Julius Caesar Octavianus. Ia berkuasa antara tahun 30 SM – 14 M. Ia mendapatkan gelar Agustus pada tahun 27 SM. Gelar itu berarti “yang mulia”. Octavianus dimuliakan mirip dewa. Tidak hanya itu, ia juga dianggap sebagai “juruselamat”. Suatu inskripsi yang terdapat di Halikarnassus (= Bodrum, di pantai Asia Kecil) menegaskan gelar tersebut: “kemanusiaan dianugerahi tuhan tertinggi, ketika Kaisar Agustus dibangkitkan dalam hidup kita yang beruntung ini, yaitu bapa tanah air, orang Romawi yang ilahi dan juruselamat seluruh kemanusiaan, yang dengan kedatangannya, bukan hanya segala doa dikabulkan tetapi malahan dilebihi…!”

Lalu, apa maksudnya Lukas menempatkan Yesus dalam bingkai “kemuliaan” dan “kemaharajaan” Kaisar Agustus itu? Pesannya bahwasanya sederhana: Pada zaman Kaisar Agustus yang dimuliakan dan disebutkan orang sebagai juruselamat, lahirlah sosok yang benar-benar Mulai dan Juruselamat sesungguh-Nya, yakni Yesus!

Ya, tak pelak lagi, Lukas menempatkan kelahiran Yesus dalam paradoks. Yesus diperhadap-sandingkan dengan Gaius Julius Caesar Octavianus. Octavianus yaitu citra sosok insan paling dimuliakan dan berkuasa pada zamannya. Sementara Yesus berada pada kalangan jelata dan kelahirannya nyaris tidak ada tempat, kecuali palungan tempat memberi makan ternak. Diukur dari dampak dan kekuasaan politik, Octavianus mempunyai kekuasaan luar biasa – hingga pada suatu dikala ia menangis lantaran tidak ada lagi kawasan yang sanggup ia taklukkan. Sementara Yesus, jangankan istana, tempat untuk membaringkan kepala-Nya saja tidak punya! Bagaimana mungkin Yesus bias menandingi kemuliaan Kaisar Agustus ini?

Dapatkah kemuliaan yang hadir dalam kesahajaan menjawab hegemoni kekuasaan Romawi?

Zaman Kaisar Agustus ditandai dengan "kedamaian", yang dikenal dengan istilah Pax Romana. Sayangnya keadaan hening yang dimaksudkan bukanlah hening yang penuh sukacita. Namun, kedamaian itu tercipta akhir buah penindasan keras yang dicanangkan oleh penguasa Romawi. Singkat kata, kedamaian itu merupakan pembungkaman dan penindasan atas segala perbedaan pendapat, apalagi perlawanan terhadap penguasa. Keadaan ini mirip-mirip rezim Orde Baru. Segala sesuatu seperti kondusif dan terkendali. Padahal, apa yang sesungguhnya terjadi yaitu pemberangusan hak untuk menyatakan pendapat! Karen Amstrong dalam bukunya, Fields of Blood mengungkapkan kekejaman penguasa Romawi itu; setiap bentuk perlawanan apa pun menjadi pembenaran bagi pembantaian habis-habisan. Ketika mereka berhasil merebut sebuah kota, kata sejarawan Yunani Polybus, kebijakan mereka yaitu "membunuh semua orang yang mereka temui dan tidak melepaskan siapa pun" - bahkan tidak binatang.

Polybius memahami bahwa tujuan dari kekejaman ini yaitu "untuk membuat teror" atas warga bangsa taklukan. Biasanya itu berhasil, tetapi orang Romawi perlu waktu hampir dua ratus tahun untuk menjinakkan orang Yahudi Palestina! Sebagai bangsa yang terjajah, Yahudi-Palestina terus-menerus diperas melalui pungutan pajak. Konon pencacahan jiwa yang dilakukan kaisar Agustus salah satunya yaitu untuk kepentingan pajak. 

Yesus dilahirkan dalam sebuah masyarakat yang sedang trauma dengan kekerasan, intimidasi, penindasan dan penghisapan habis-habisan. Pemberontakan sehabis kematian Herodes terjadi pada tahun kelahiran-Nya dan Ia dibesarkan di kampung yang berjulukan Nazareth. Selama hidup-Nya, Galilea diperintah oleh Herodes Antipas, yang membiayai aktivitas pembangunan mahal dengan mengenakan pajak berat kepada warga Galilea. Gagal bayar dieksekusi dengan perampasan dan penyitaan tanah, dan praktik ini telah menggelembungkan kepemilikan lahan ningrat Herodian.

Berita sukacita apa yang paling pas buat mereka yang sedang dalam tertekan, tertindas, dan kekerasan yang dilakukan penguasa Romawi ini? Ya, mungkin kita berpikir mirip Yudas Makabeus: lawan dan hancurkan! Penghancuran musuh dengan kekuatan yang lebih besar yaitu informasi sukacita! Bukankah itu yang menjadi pengharapan bagi setiap bangsa yang sedang tertindas? Cobalah Anda telisik ke dalam hati Anda manakala sedang terluka, disakiti, ditekan, dianiaya dan Anda tidak punya power untuk menghadapinya. Pada situasi dan kondisi mirip ini apa yang paling Anda dambakan? Hampir semua orang bermimpi akan hadirnya sosok super hero yang akan memusnahkan si penindas itu. Super hero, itulah informasi sukacita!

Namun sayangnya, kelahiran Yesus bukan kelahiran "super hero" tipe itu. Benar, dalam pelayanan-Nya kelak Ia akan berhadapan dengan para penguasa Romawi yang berkolaborasi dengan elit Yahudi. Namun, tidak ada bukti Ia mengajak pengikut-Nya untuk memberontak terhadap penguasa Romawi tetap berdiri kokoh. Yang Ia bawa bukanlah pemberontakan a la Yudas Makabeus itu. Sebab, kalau ini yang dilakukan menyerupai menghukum si pencuri dengan memotong tangannya, lantaran menganggap yang berdosa itu yaitu tangan. Atau mencukil mata lantaran melihat yang tidak pantas dilihat. Dalam pandangan Yesus, tangan dan mata bukan yang pertama-tama dan terutama yang bertanggung jawab atas dosa. Tangan dan mata hanya alat, kehendak dan "aktor" utamanya ada jauh tersembunyi, yakni di kedalaman hati manusia!


Demikian juga dengan kekerasan, kekejaman, intimidasi, pemusnahan dan sejenisnya, ini semua bukan pemain film utamanya. Sumber segala kelaliman yang sesungguhnya adalah  nafsu yang ada dalam diri manusia! Segala bentuk kejahatan, kekejaman, pembunuhan dan pemusnahan tidak pernah akan benar-benar musnah ketika dilawan dengan kekejaman, pembunuhan dan pemusnahan lagi. Lihatlah, bukankah sejarah menandakan ini? Bangsa yang tertindas berpotensi menindas ketika punya kesempatan berkuasa. Hitler berusaha menampilkan Jerman sebagai ras paling unggul di dunia. Mereka membantai umat Yahudi, korbannya lebih dari 6 juta orang Yahudi terbunuh. Namun, apa yang terjadi berikutnya dengan bangsa Yahudi sekarang? Dapatkah mereka berbelarasa dengan Palestina? Tidak gampang menjawabnya!

Jadi jelas, super hero bukanlah informasi sukacita yang benar-benar diharapkan manusia! Jika demikian apa yang ditawarkan dari informasi Natal? Sukacita apa? Kelahiran Yesus tidak mengusir bangsa Romawi dari negara itu. Ia menyuarakan Kerajaan Allah telah tiba di dalam diri-Nya. Kerajaan yang dibawa-Nya menurut keadilan dan kesetaraan, terbuka buat semua orang - terutama mereka yang disingkirkan oleh penindaasan sesamanya.

Kerajaan Allah yang tampil dalam diri Yesus menantang kekejaman Yudea Romawi dan Galilea Herodian dengan menyajikan kehendak Tuhan lebih dekat, "Di bumi mirip di Surga." Mereka yang takut berutang harus melepaskan orang lain dari utang; mereka harus menyayangi sesamanya mirip diri mereka sendiri bahkan terhadap musuh sekalipun. Para pengikut Yesus harus hidup dengan berbela rasa mirip Yesus sendiri, memberi dengan murah hati kepada semua, dan menahan diri dari penghakiman dan pengutukan! Ini bahwasanya yang diharapkan oleh semua orang. Berita sukacita yang bukan semata isapan jempol atau semu. Bayangkan jikalau hati semua orang dipenuhi dengan kesetaraan, keadilan, kebenaran dan bela rasa, maka sukacita yang sesungguhnya menjadi sebuah keniscayaan.

Apa yang kini sedang dihadapi dunia? Tidak jauh berbeda dengan ketika Kaisar Agustus berkuasa. Semangat primordial, keserakahan, penaklukan dan penindasan terus terjadi. Intimidasi dari secara umum dikuasai terhadap minoritas sanggup kita jumpai di mana-mana. Banyak dari kita terpengaruhi untuk mengutuki, memerangi bahkan berandai-andai menjadi seorang atau sebagai bangsa digdaya yang akan menumpas segala bentuk kelaliman itu. Namun, dapatkah keadilan dan kebenaran itu tegak berdiri sehabis kita atau kelompok kita berhasil menaklukkan apa yang kita maksud dengan kelalimaitu? Bukankah dalam posisi itu kita sangat berpotensi menjadi monster gres yang menindas orang atau kelompok yang berbeda dari kita?

Natal yaitu informasi sukacita yang pertama-tama disampaikan Malaikat kepada para gembala di padang. Berita itu sederhana namun menukik tajam ke dalam jantung peradaban manusia. Berita itu sederhana, "Jangan takut!". Tidak ada orang yang terbebas dari rasa takut. Ada banyak alasan untuk kita menjadi takut. Dalam batas-batas tertentu ketakutan itu menolong kita bertindak hati-hati, misalnya: takut sakit, maka kita merawat badan dengan baik; takut sengsara, kita akan bekerja dengan sungguh-sungguh. Namun, ketakutan yang dimaksud yaitu ketakutan yang begitu rupa menguasai diri sehingga kehidupan kita menjadi pesimis dan merasa terancam. 

Malaikat itu memberi alasan untuk tidak takut, "sebab sesungguhnya saya memberitakan kepadamu kesukaan besar untuk seluruh bangsa: hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan di kota Daud."(Lukas 2:10,11). Yesus itulah balasan dari segala ketakutan dalam arti Ia bukan mengambil alih tanggungjawab manusia, kemudian dengan serta merta melenyapkan semua sumber ketakutan manusia. Bukan itu! Ia lahir semoga insan mempunyai kedamaian di hati dan memampukan mereka yang menyambut-Nya sanggup melihat bahwa tangan Allah menopang dan memampukan untuk menghadapi segala realitaskehidupan ini!

Para gembala itu kembali ke tempat mereka bekerja. Mereka tetap sebagai gembala, menempati strata terendah dalam tatanan sosial masyarakat pada zamannya. Mereka tidak termotivasi memberontak terhadap penguasa yang menindas. Namun, ada sesuatu yang berubah. Mereka kembali dengan bersukacita. Perjumpaan dengan Yesus di malam Natal itu bukan meninabobokan para gembala untuk tetap tertindas dan terus menjadi gembala. Melainkan, meneguhkan mereka bahwa seorang jelata pun dikasihi Tuhan maka selayaknyalah cinta kasih itu ditularkan kepada sesama. 

Berita sukacita Natal akan tetap relevan di sepanjang zaman ketika kita menyambutnya dalam hati kita dan mendorong kita untuk melaksanakan kepedulian terhadap sesama. Mengasihi dengan tulus, membuatkan dengan besar hati dan menolong tanpa pamrih mirip yang dilakukan Yesus sendiri.Sebagaimana pesan Natal begitu sederhana: Yang Mahamulia hadir dalam kesahajaan. Sesederhana itu mestinya kita menyambut-Nya. Buka hati kita dan biarlah Dia lahir di sana. Selamat Hari Natal, Selamat Bersukacita! (revisi goresan pena 22 Desember 2017)

Jakarta, Natal 2018
Sumber https://nananggki.blogspot.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel