Inilah 7 (Tujuh) Kiprah Utama Dan Kiprah Pokok Guru Dalam Pembelajaran
akan membahas seputar guru yaitu 7 (tujuh) Peran Utama dan Tugas Pokok Guru Dalam Pembelajaran
![]() |
Foto : Calon Guru SD Alumni SPG Patria Bandung angkatan 1991 |
Guru merupakan suatu profesi yang selalu berkaitan dengan pendidikan belum dewasa bangsa. Ia harus mempunyai banyak pengetahuan dan keterampilan serta menguasai materi didik yang terdapat dalam kurikulum untuk diajarkan kepada siswa.
Sebagai seorang pendidik guru merupakan panutan untuk ditiru dan diteladani oleh siswa baik dari sikap, perilaku, akal pekerti, berakhlak mulia, tekun dan mau belajar. Berharap semoga membentuk kepribadian siswa di masa yang akan datang.
Disisi lain guru dikatakan mempunyai kiprah ganda. Kenapa demikian?
Karena guru merupakan pendidik untuk membuat sikap dan sikap yang bernilai moral dan agama serta sebagai pengajar yang bertujuan untuk memberikan materi ajar, menentukan alat penilaian mencar ilmu yang dipakai untuk menilai hasil mencar ilmu siswa.
Dari hal diatas, sudah terang bahwa guru mempunyai kiprah dan kiprah yang sangat penting dalam mendidik dan mengajarkan siswa. Adapun kiprah dan kiprah guru tersebut ialah:
Inilah 7 (tujuh) Peran dan Tugas Utama Guru Dalam Pendidikan
Sebagai seorang pendidik guru merupakan panutan untuk ditiru dan diteladani oleh siswa baik dari sikap, perilaku, akal pekerti, berakhlak mulia, tekun dan mau belajar. Berharap semoga membentuk kepribadian siswa di masa yang akan datang.
Disisi lain guru dikatakan mempunyai kiprah ganda. Kenapa demikian?
Karena guru merupakan pendidik untuk membuat sikap dan sikap yang bernilai moral dan agama serta sebagai pengajar yang bertujuan untuk memberikan materi ajar, menentukan alat penilaian mencar ilmu yang dipakai untuk menilai hasil mencar ilmu siswa.
Dari hal diatas, sudah terang bahwa guru mempunyai kiprah dan kiprah yang sangat penting dalam mendidik dan mengajarkan siswa. Adapun kiprah dan kiprah guru tersebut ialah:
Inilah 7 (tujuh) Peran dan Tugas Utama Guru Dalam Pendidikan
- Guru sebagai pendidik-Sebagai seorang pendidik guru mempunyai kiprah untuk membuatkan kepribadian dan membina akal pekerti serta menunjukkan pengarahan kepada siswa semoga menjadi seorang anak yang berbudi luhur.
- Guru sebagai pengajar-Mengajar yaitu menunjukkan ilmu pengetahuan kepada siswa, melatih keterampilan, menunjukkan pedoman, bimbingan, merancang pengajaran, melakukan pembelajaran dan menilai acara pembelajaran.
- Guru sebagai fasilitator-Tugas utama guru sebagai fasilitator yaitu memotivasi siswa, menyediakan materi pembelajaran, mendorong siswa untuk mencari materi ajar, membimbing siswa dalam proses pembelajaran dan memakai ganjaran eksekusi sebagai alat pendidikan.
- Guru sebagai pelayanan-Pelayanan disini berarti menunjukkan suatu kenyamanan terhadap siswa dalam belajar. Tugas guru sebagai pelayanan yaitu menyediakan akomodasi pembelajaran dari sekolah menyerupai ruangan, meja, kursi, papan tulis, alat peraga dan lainnya serta menunjukkan layanan sumber mencar ilmu semoga siswa nyaman dan kondusif dalam belajar.
- Guru sebagai perancang-Guru sebagai perancang bertugas untuk menyusun acara pengajaran dan pembelajaran sesuai aliran dalam kurikulum, menyusun rencana mengajar, menentukan taktik atau metode yang akan dipakai dalam proses mencar ilmu mengajar.
- Guru sebagai pengelola-Dalam kiprahnya sebagai pengelola, guru bertugas untuk melakukan adminitrasi kelas menyerupai mengisi buku presensi siswa, daftar nilai siswa, mengisi raport dan sebagainya. Bahkan guru harus mempunyai rencana mengajar, acara semesteran, acara tahunan dan silabus serta melakukan presensi kelas, dan menentukan taktik dan metode pembelajaran yang efektif.
- Guru sebagai penilai-Penilaian yaitu suatu kegiatan yang dilakukan sehabis proses mencar ilmu guna untuk menunjukkan hasil mencar ilmu siswa kiprah guru sebagai penilai yaitu menyusun tes dan instrumen penilaian, melakukan penilaian terhadap siswa secara objektif, mengadakan pembelajaran remedial dan mengadakan pengayaan dalam pembelajaran.
Bagaimana Cara Menjadi Guru Yang Baik dan Efektif?
Setelah kita mempelajari kiprah dan kiprah guru, kini kita akan membahas wacana ciri-ciri guru yang baik dan efektif. Dikatakan guru yang baik lebih bersifat sebagai kemampuan seorang guru dalam melakukan proses pembelajaran dan pengajaran.
Sekarang ini guru yang baik sudah jarang digunakan. Karena kini ini lebih dikenal dengan istilah guru yang efektif. Guru efektif lebih bersifat sebagai kemampuan profesional.
Dikatakan guru yang baik apabila mempunyai ciri-ciri berikut:
Setelah kita mempelajari kiprah dan kiprah guru, kini kita akan membahas wacana ciri-ciri guru yang baik dan efektif. Dikatakan guru yang baik lebih bersifat sebagai kemampuan seorang guru dalam melakukan proses pembelajaran dan pengajaran.
Sekarang ini guru yang baik sudah jarang digunakan. Karena kini ini lebih dikenal dengan istilah guru yang efektif. Guru efektif lebih bersifat sebagai kemampuan profesional.
Dikatakan guru yang baik apabila mempunyai ciri-ciri berikut:
- Memahami murid yang mempunyai potensi, bukan sebagai botol kosong.
- Menguasai materi didik yang akan diberikan.
- Menggunakan banyak sekali jenis metode yang sesuai dengan materi yang akan disampaikan, bukan hanya memakai metode ceramah saja.
- Menyesuaikan materi didik dengan kemampuan siswa.
- Menghindari cara mengajar D4 (Datang, duduk, dengar, diam).
- Memberi klarifikasi yang terang dengan memakai alat peraga.
- Mengajarkan materi pelajaran yang menunjukkan manfaat bagi siswa.
- Mempunyai tujuan yang akan dicapai dalam proses pembelajaran dan pengajaran.
- Tidak hanya mengajar dalam artian memberikan pengetahuan tetapi senantiasa membuatkan langsung anak.
- Jangan terikat oleh satu buku pelajaran, jangan hingga buku teks menghalangi murid untuk berpikir dan mencari sumber lain.
Sedangkan guru yang efektif mempunyai ciri-ciri berikut:
- Guru mempunyai janji pada siswa dan proses belajarnya. Ini berarti bahwa janji tertinggi guru yaitu kepentingan siswa.
- Guru menguasai materi pelajaran yang akan diajarkan dan mengajarkannya kepada siswa.
- Guru bertanggung jawab memantau siswa melalui penilaian baik dari cara pengamatan dalam prilaku maupun pada tes hasil belajar.
- Guru bisa berpikir apa yang dilakukannya dan mencar ilmu dari pengalaman.
- Guru merupakan bab dari masyarakat yang pernah juga mencar ilmu dalam lingkungan profesinya. menyerupai diperkuliahan.
Apabila seorang guru telah menjalankan tugasnya sesuai dengan ciri-ciri yang tertera diatas, maka seorang guru telah sanggup dikatakan sebagai guru yang baik dan efektif.
Sebagai tenaga profesional seorang guru memang dikenal sebagai salah satu jenis dari sekian banyak pekerjaan yeng memerlukan bidang keahlian khusus sesuai dengan kiprah dan tugasnya.
Guru bukan hanya sebagai pendidik tetapi juga sebagai pengajaran yang mengemban nilai-nilai moral dan agama serta harus mempunyai pengetahuan yang luas dalam melakukan proses mencar ilmu mengajar dengan siswa semoga tujuan dari pembelajaran sanggup tercapai.
Sebagai tenaga profesional seorang guru memang dikenal sebagai salah satu jenis dari sekian banyak pekerjaan yeng memerlukan bidang keahlian khusus sesuai dengan kiprah dan tugasnya.
Guru bukan hanya sebagai pendidik tetapi juga sebagai pengajaran yang mengemban nilai-nilai moral dan agama serta harus mempunyai pengetahuan yang luas dalam melakukan proses mencar ilmu mengajar dengan siswa semoga tujuan dari pembelajaran sanggup tercapai.
Semoga saja Bapak Ibu menjadi guru yang termasuk ke 7 (tujuh) sebagai kiprah utama dan kiprah pokok dalam pembelajaran, juga sebagai guru yang baik dan efektif. Amin