Strategi Membangun Personal Branding Di Sosial Media

Di kurun digital kini ini semua informasi berputar dengan sangat cepat. Dalam hitungan detik, informasi apapun hingga diujung jari kita.

Kehidupan yang dulu sangat konvensional, berubah cepat menjadi serba digital.

Pekerjaan, bisnis, bahkan kehidupan sosial bermasyarakatpun menjadi serba digital dikala ini.

Baca Juga

Di kurun digital kini ini semua informasi berputar dengan sangat cepat Strategi Membangun Personal Branding di Sosial Media

Jika dulu untuk bersosialisasi, berkumpul dan bersilaturahmi, harus bertemu dulu antara satu dengan yang lainnya.

Lihat: Cara Menghapus Status Lama di Facebook dan Twitter

Namun sekarang, cukup dengan satu perangkat telepon genggam, kita sudah sanggup saling bekerjasama antara satu dengan yang lainnya.

Pesatnya perkembangan teknologi informasi, mengharuskan kita untuk lebih produktif, kreatif bahkan harus lebih protektif dalam kehidupan yang serba digital ini.

Strategi Membangun Personal Branding


Media sosial terus bermunculan, Facebook, Instagram, YouTube, Tumblr, LinkedIn, Twitter, dan sebagainya, telah menjadi aktifitas rutin kita sehari-hari.

Dengan terus banyaknya sosial media yang ada dikala ini, tentu banyak pula dampak yang ditimbulkannya.

Baik itu dampak positif maupun dampak negatifnya.

Dampak negatifnya tidak kalah banyak juga dengan dampak positif yang dihasilkan dari sosial media.

Selain banyak manfaat yang kita sanggup dari media sosial, banyak pula efek negatif yang harus kita hadapi.

Sebagian besar dari kita sangat sadar, bahwa Facebook dan situs jejaring sosial lainnya menimbulkan banyak risiko serius terutama bagi privasi kita di internet.

Apalagi dengan adanya skandal Cambridge Analytica.

Dimana 87 juta data pribadi pengguna Facebook dari seluruh dunia telah disalahgunakan oleh facebook, dan hal ini semakin mengajarkan kita perihal pentingnya memproteksi data pribadi dari situs jejaring sosial.

Dengan kata lain, bahwa kita tidak sanggup dan dilarang mempercayai situs media umum untuk sanggup menjaga informasi pribadi kita.

Sedangkan salah satu referensi dampak positif dari penggunaan sosial media ini, selain sebagai jati diri kedua kita didunia maya (Internet), yaitu sebagai media untuk membuatkan bisnis dan membangun sebuah personal branding.

Apa itu Personal Branding


Bagi pebisnis/ pengusaha, tentu sudah tidak ajaib lagi dengan apa itu personal branding.

Namun untuk Anda yang belum mengetahui apa itu personal branding, berdasarkan Wikiepedia Personal Branding yaitu proses dimana orang-orang dan karir mereka berlaku layaknya sebuah produk.

Personal branding ini seringkali dikaitkan dengan kesuksesan seseorang.

Personal Branding yaitu bagaimana cara kita memasarkan diri kita sendiri kepada orang lain atau komunitas yang menjadi sasaran pasar kita.

Perkembangan media umum ini pada jadinya menuntut setiap individu untuk terus meningkatkan cara-cara dan pendekatan pribadi untuk membangun personal branding.

Saat ini, evaluasi orang lain terhadap pribadi sesorang juga didasarkan pada sikap mereka di media sosial, tidak hanya pada kehidupan faktual sehari-harinya.

Apapun karir Anda, apapun perjuangan yang Anda rintis dan tekuni, kehadiran Anda di media umum terlalu penting untuk Anda abaikan, guna memberikan pesan kepada orang lain perihal siapa Anda.

Lihat: Hapus 10 Informasi Ini dari Facebook Anda Segera!

Ketika Anda merasa acara Anda disosial media tidak terlalu penting, maka bersiaplah untuk menyaksikan ribuan orang yang berhasil mencuri perhatian orang lain di lingkungan sekitarnya atau bahkan dunia.

Serta menyaksikan bagaimana ia mencapai kesuksesan dalam karir dan bisnisnya lantaran sudah berhasil membangun personal branding nya sendiri.

Saya sebagai Admin Awam Bicara, telah mulai mencicipi bagaimana manfaat dari sebuah personal branding di sosial media, 
terutama ketika saya membangun dan merintis blog awambicara id.

Untuk itu, siapapun Anda, baik Anda yang sedang merintis perjuangan sendiri, entah itu sebagai perjuangan sampingan ataupun bisnis berskala besar, atau seorang youtuber dan blogger, dikala ini kami telah menyusun beberapa taktik perihal bagaimana cara membangun personal branding di sosial media.

Strategi Membangun Personal Branding di Sosial Media


1. Ceritakan Tentang Diri Anda


Gelombang sosial media yang melanda kehidupan kita dikala ini telah membuka banyak cara untuk membangun personal branding.

Sehingga menciptakan kita tidak tau harus memulainya dari mana.

Karena itu, berdasarkan kami, langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu menceritakan perihal diri Anda, kisah Anda sendiri.

Jika orang tidak mengenal kisah Anda maka tidak akan terbentuk brand.

Ketika Anda membangun dongeng personal branding Anda sendiri, ada empat pertanyaan yang harus Anda jawab.

Siapa Anda?

Apa harapan Anda?

Mengapa Anda ingin mencapainya?

Dan Bagaimana Anda akan mencapainya?

Ketika Anda sanggup menjawab keempat pertanyaan fundamental diatas, maka Anda telah berhasil membangun sebuah dongeng personal branding Anda sendiri.

Selanjutnya, Anda niscaya akan menemukan pertanyaan-pertanyaan lain yang akan terus berkembang, seiring meningkatnya personal branding tersebut, seperti:

Apa minat Anda?

Anda yang ingin Anda tonjolkan perihal kepribadian terbaik Anda?

Apa dan siapa yang paling anda hargai?

Anda ingin menunjukkan Apa pada kehidupan ini?

Ketika orang menyebut perihal diri Anda, apa yang ingin Anda dengar?

dan seterusnya!

Jujur menjawab pertanyaan tersebut, akan membawa Anda kepada kesuksesan dalam membangun personal branding Anda sendiri.

2. Membangun Profil


Ada banyak platform yang sanggup Anda gunakan untuk membangun profil personal branding Anda sendiri.

Salah satunya yaitu dengan membangun profil personal branding Anda di sosial media.

Manfaatkan social media ini sebagai cara Anda untuk berkomunikasi dan berinteraksi eksklusif dengan audience Anda.

Yang harus Anda lakukan pertama kali yaitu menentukan channel social media yang sempurna untuk Anda.

a. Gunakan Nama yang Sama Untuk Semua Sosial Media


Siapa diri Anda bahu-membahu terlihat dari profil sosial media Anda sendiri.

Karena itu, gunakan informasi orisinil dan foto diri Anda sendiri disana. Anda sedang membangun personal branding, lantaran itu, jangan memakai nama-nama palsu, nama-nama alay yang bukan merupakan informasi diri Anda sendiri disana.

Penggunaan nama yang sama untuk semua profil sosial media yang Anda miliki ini akan memudahkan orang lain atau audience yang ingin mencari informasi perihal diri Anda diberbagai sosial media yang ada.

Dengan memakai nama, foto orisinil yang sama untuk semua profil media umum yang ada, maka Anda sudah melaksanakan sebuah personal branding untuk nama Anda sendiri.

b. Update Profil Media Sosial Anda Secara Berkala 


Pastikan untuk selalu memperbaharui semua profil media umum Anda secara berkala.

Memperbaharui foto diri, deskripsi perihal Anda dikala ini, biografi, maupun karir dan perjuangan Anda. 

Profil yang up to date secara bersiklus menciptakan personal branding Anda akan semakin gampang untuk terlihat oleh orang lain atau audience Anda.

Selain itu, audience Anda akan merasa yakin dan percaya bahwa akun yang Anda kelola yaitu benar-benar merk Anda sendiri dan bukan akun robot atau akun yang dikelola oleh pihak lain.

c. Posting Hanya yang Menjadi Passion atau Minat Anda Sendiri


Semakin sering Anda menciptakan postingan yang sesuai minat dan passion Anda sendiri, maka semakin banyak pula orang yang akan mengenali siapa Anda.

Tetapi perlu Anda ingat, pastikan Anda memposting di media umum dalam waktu yang tepat.

Yang penting yaitu temukan passion dan minat Anda terlebih dahulu.

Kembali lagi kepada poin pertama "ceritakan perihal diri Anda".

Apakah Anda seseorang yang mempunyai passion perihal travelling? Kuliner? Musik? Film? dsb.

Postinglah sesuatu yang bekerjasama dengan passion, minat dan talenta Anda sendiri.

d. Join Halaman, Grup dan Komunitas


Halaman, grup dan komunitas yaitu salah satu daerah Anda menimba dan membagikan ilmu yang sudah Anda miliki.

Bergabung dalam sebuah halaman, komunitas atau grup yang mempunyai minat, passion dan visi yang sama dengan Anda tentu akan menambah wawasan Anda sendiri.

Jangan menjadi anggota grup atau komunitas yang pasif, atau silent reader, namun pastikan Anda aktif disana.

Sering-seringlah mengajukan pertanyaan dalam grup atau komunitas tersebut, supaya orang lain/ audience semakin mengenal Anda dan mengetahui apa talenta apa yang Anda miliki.

Lakukan interaksi sesering mungkin dengan mereka yang mempunyai passion, minat, visi dan misi yang sama dengan Anda.

Ketika Anda sering menyapa dan berinteraksi dengan anggota grup dan komunitas yang lain, maka semakin besar pula kemungkinan orang lain melihat dan merekomendasikan profil Anda kepada orang lain.

e. Memilih Media yang Tepat


Ketika semua pertanyaan telah Anda jawab dengan jujur, dan Anda telah mengetahui apa yang menjadi minat dan passion Anda, saatnya Anda menentukan media yang pas untuk mendongkrang personal branding Anda.

Jika Anda mempunyai passion atau minat dibidang photografi, maka media umum yang pas untuk menyalurkan minat dan talenta Anda yaitu instagram dan tumblr.

Walaupun media umum yang lain menyerupai Facebook, twitter tetap mendukung hal ini, namun akan lebih baik Anda menentukan media umum yang khusus sesuai dengan talenta dan minat Anda sendiri.

Akan tetapi, media personal branding yang paling sempurna yang sanggup Anda gunakan yaitu blog pribadi/ website.

Lihat: Hati-hati! Jangan Sebar Informasi ini di Internet

Karena dengan mempunyai blog pribadi, Anda sanggup dengan bebas menceritakan perihal siapa Anda. Menyalurkan minat dan talenta Anda sendiri.

Dan menjadikan platform media umum lainnya menyerupai twitter, facebook, instagram, youtube, dan sebagainya sebagai pendongkrak personal branding Anda.

Namun, dari semua media umum yang ada, pastikan bahwa Anda memakai setiap sosial media sesuai dengan porsinya masing masing.
Sumber https://www.awambicara.id/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel